Detail Berita
TIGA PUSKESMAS LAYANI PERSALINAN GRATIS
03-10-2011

 
Pemerintah Kota Yogyakarta memperoleh kucuran dana dari pusat senilai Rp. 1,033 Milyar untuk dana jaminan persalinan hingga Desember 2011. Dengan dana tersebut semua ibu hamil di Kota Yogyakarta yang akan menjalani persalinan mendapat jaminan pelayanan persalinan gratis. Tiga puskesmas yang sudah ada fasilitas rawat/inap, ditunjuk untuk memberikan layanan ini yakni Puskesamas Tegalrejo, Jetis dan Mergangsan
Dana Jampersal bagi setiap ibu melahirkan sebesar Rp.350 ribu sedangkan retribusi persalinan di Puskesmas sebesar Rp. 523 ribu, kekurangan tersebut ditutup dari dana jaminan kesehatan masyarakat. Selain persalinan gratis setiap ibu hamil juga mendapatkan layanan pemeriksaan kehamilan gratis sebanyak empat kali.
Warga yang ingin mengakses layanan ini diharuskan membawa persyaratan seperti rujukan Puskesmas, fotokopi KTP, dan buku KIA (kesehatan ibu dan anak). Jaminan ini tidak hanya menanggung seluruh biaya persalinan bagi warga miskin namun juga berlaku bagi seluruh ibu hamil meskipun bukan termasuk warga miskin.
“Jaminan persalinan ini ditujukan bagi semua ibu hamil baik warga miskin maupun bukan. Pelayanan persalinan gratis akan dilakukan di Puskesmas,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Tuty Sulistyowati. Selain di puskesmas dan rumah sakit, masyarakat juga dapat memanfaatkan jaminan persalinan di rumah bersalin dan bidan praktik swasta yang telah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, asalkan mau menerima penggantian klaim sebesar Rp. 350.000 untuk penanganan satu persalinan normal. Saat ini, sudah ada satu bidan praktik swasta yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan yaitu Sarbini Dewi.  (ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer