Detail Berita
KETERBATASAN BUKAN PENGHALANG RAIH CITA-CITA UPT JPD SEDIAKAN BANTUAN KULIAH
18-08-2011

Daya Laras Dika (19 th) telah membuktikan, dengan keterbatasan yang membelenggu, dia mampu meraih prestasi luar biasa. Dika yang ayahnya seorang tukang parkir dan ibunya bekerja serabutan sebagai buruh ini sangat terbantu dengan adanya program Jaminan Pendidikan Daerah dari Pemkot Yogyakarta. Keluarga pemegang KMS warga Bangirejo TR 1/639 RT 51 RW 11 Kelurahan Kricak ini memperoleh bantuan JPD sejak duduk di bangku kelas X SMA Negeri 1 Yogyakarta.   

Lulus dari bangku SMA, Dika berhasil melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi UII. Jalan Dika tidaklah mulus. Untuk dapat kuliah dia selain mendapat bantuan lagi dari JPD juga mendapatkan beasiswa dari dana wakaf UII yang membebaskan semua biaya kuliahnya. Belum genap satu semester di UII, Dika mengikuti seleksi beasiswa dari The Republic of  Korea Council. Dari beberapa tahapan seleksi akhirnya Dika berhasil lolos untuk menempuh pendidikan di Woosong University sebuah universitas terkemuka di negeri ginseng tersebut. Selain memperoleh beasiswa penuh dan tiket pesawat selama kuliah 6 tahun Dika juga memperoleh uang saku senilai 10 juta perbulan.

Latar belakang Dika tak sebanding dengan prestasinya. “Ini menjadi inspirasi bagi semua bahwa kemiskinan bukan penghalang untuk meraih cita-cita,” kata Pak Herry Zudianto di Balaikota. 

Pemkot Yogyakarta selain menyediakan beasiswa JPD bagi siswa kurang mampu mulai tahun 2010 lalu juga memberikan bantuan bagi siswa miskin yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 3 juta rupiah. Jika pada tahun lalu disediakan bagi 14 orang maka pada tahun 2011 ini bantuan ini disediakan bagi 45 orang, dengan harapan bantuan ini bisa merata diberikan ke semua kelurahan di Kota Yogyakarta.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi siswa KMS untuk bisa memperoleh bantuan ini. Antara lain berprestasi di sekolah yang ditunjukkan dengan nilai raport, dan diterima di perguruan tinggi. Selengkapnya informasi dapat diperoleh di UPT JPD Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Jl Hayam Wuruk 11 telp. (0274) 512956, 544521.(ism)

 

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer