Detail Berita
KAMPUNG CYBER SURYATMAJAN
18-08-2011

 
Suryatmajan wilayah kelurahan yang dinamis dan kaya potensi,  Image sebagai  kawasan pusat kota membangkitkan kawasan ini untuk bergerak selangkah lebih maju. Di sisi lain wilayah Suryatmajan juga masuk dalam zona rawan bencana karena letaknya di bantaran Sungai Code. Sebagai kawasan penyangga Malioboro menjadikannya banyak industri kreatif kerajinan tumbuh disini. Dengan keadaan ini menjadikan Suryatmajan menjadi rawan terhadap permasalahan sosial dan kesehatan. Berawal dari itu untuk memadukan berbagai program kewilayahan baik dalam pelayanan publik, masalah sosial dan lingkungan, program antisipasi  tanggap bencana, pemberdayaan ekonomi, pemuda, perempuan, dan sektor informal, warga bersama pemerintah kelurahan membentuk kelompok Suryatmajan Tanggap Siaga Mandiri. “Kelurahan Suryatmajan Menuju Cyber  Tech” merupakan inisiasi dari kelompok ini.
Kelurahan Suryatmajan Menuju Cyber Tech merupakan layanan publik berbasis elektronik yang ditargetkan untuk menyediakan wahana komunikasi yang menunjang ketugasan kelembagaan masyarakat di wilayah kelurahan Suryatmajan. Dilakukan dengan penyediaan fasilitas jaringan internet sistem wireless gratis bagi warga masyarakat kelurahan Suryatmajan dan sekitarnya. Wireless ini dipancarkan dari antena yang dipasang di Yayasan realino dan Universitas Kristen Duta Wacana dengan radius 7 km2.  Pembangunan pemancar internet ini selesai dilakukan pada akhir 2010 lalu. Selain itu dilakukan juga penyediaan fasilitas koneksi internet bagi kantor sekretariat bersama LPMK dan BKM di jalan Mataram dengan radius  pancaran 30m2 dengan sistem wireless. Sarana ini terkoneksi  sejak pertengahan 2010. Sedangkan wireless  di area kantor kelurahan  Suryatmajan telah dilakukan sejak 2009.
Lurah Suryatmajan Purwanto menjelaskan, Wireless gratis bagi warga ini  saat ini telah menjangkau 6 kampung, dan sejak 2011 ini setiap balai kampung sudah difasilitasi seperangkat komputer terkoneksi dengan  internet. Keenamnya adalah kampung Cokrodirjan, Suryatmajan, Sosrokusuman, Gemblakan Atas, Gemblakan Bawah, dan Ledok Macanan.  Keenam balai kampung  tersebut saat ini dapat terkoneksi dengan kantor LPMK, kantor BKM, dan  Kantor Lurah Suryatmajan.  Pembiayaan program ini menyerap dana sejumlah kurang lebih 25 juta rupiah ditambah dengan swadaya masyarakat. Keseluruhan program diharapkan selesai  pada 2012 dengan target terkoneksinya seluruh warga di 15 RW dan 45 RT  dari 6 kampung di Suryatmajan.  Kedepan akan dikembangkan lagi fasilitas komputer yang dapat menunjang kegiatan belajar anak, pihaknya juga mencari mitra untuk  membangun sistem ini agar lebih sempurna. (ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer