Detail Berita
WALIKOTA RESMIKAN PROYEK PEMKOT 2011
18-08-2011

Sebagai kegiatan rutin tahunan dalam rangka HUT Pemkot selenggarakan  Peresmian Proyek 2011 yang berlangsung pada hari Selasa (31/5). Dalam  acara ini Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto didampingi Wakil  Walikota dan Ketua DPRD Kota beserta rombongan dari instansi terkait,  meresmikan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan Pemkot yang secara  simbolis diwakili oleh 5 pekerjaan, yaitu Sarana Umum Olahraga Sepeda di kawasan Gembira Loka Kelurahan Rejowinangun Kecamatan Kotagede, Peningkatan Sarana Prasarana Pendidikan (DAK) di SMP Muhammadiyah 9  Kelurahan Karangkajen Kecamatan Mergangsan Yogyakarta; Pembangunan Sarana  Prasarana Sanitasi pada MCK Umum di RT 49 RW 11 Kelurahan Pakuncen  Kecamatan Wirobrajan Yogyakarta; Pembuatan Taman di Taman Parkir Abubakar  Ali, Pembuatan Taman di pinggir Sungai Gajah Wong di Kelurahan Prenggan  Kecamatan Kotagede.

Tujuan pertama rombongan pada kegiatan Pembuatan Sarana Umum Olahraga Sepeda di kawasan Gembira Loka yang merupakan kegiatan kerja sama antara  Pemerintah Kota Yogyakarta melalui hibah 1,7 M dan pengelola Kebun  Binatang Gembira Loka.

Sementara DAK di SMP Muhammadiyah 9 dengan nilai pekerjaan Rp. 112.584.000,- diwujudkan dengan pembangunan ruang kelas baru lengkap dengan isinya dan di RT 49 RW 11 Kelurahan Pakuncen Kecamatan Wirobrajan dibangun prasarana air minum dan MCK dengan nilai pekerjaan Rp 51.036.297,-. Untuk distribusi air bersih warga Kelurahan Pakuncen ini dikelola oleh Kelompok Pemakai Air Tirta Sari yang bisa memberikan manfaat

penyediaan air bagi 21 KK.

Kemudian rombongan menuju ke Taman Parkir Abubakar Ali, disana dibangun taman yang merupakan sumbangan dari pihak ketiga yaitu Bank Danamon yang  peduli program penghijauan Pemkot yaitu 'kota dalam taman'. Terakhir  Walikota beserta rombongan menuju Taman Gajah Wong yang terletak di pinggiran sungai, meresmikan ruang publik serba guna dengan nilai  pekerjaan Rp 43.072.000. Taman ini juga memiliki fasilitas bermain anak dan bisa digunakan sebagai sarana outbond yang diberi nama Taman Rekreasi 'Padas Manten Indah'.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan Seksi Peresmian Kegiatan, Ir Edy Muhammad bahwa pelaksanaan kegiatan fisik APBD Tahun Anggaran 2010 yang  telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta sejumlah 822 paket  pekerjaan dari 179 kegiatan. Kegiatan baik fisik maupun non fisik dengan dana sebesar Rp 358.386.143.508,-. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh 29 SKPD dan diantaranya menjadi ajang peresmian secara simbolis.

Dengan telah  dilaksanakan kegiatan-kegiatan ini, dalam pemanfaatan dan pemeliharaan hasil kegiatan, pada prinsipnya Pemkot Yogyakarta telah menyerahkan kepada  pihak pemakai dan penerima manfaat hasil kegiatan. Terakhir, dalam sambutan Herry Zudianto berharap pemakaian hasil kegiatan diresmikan ini  agar dapat dilaksanakan dengan optimal.

Acara peresmian kegiatan tahun ini diambil tema 'Melalui HUT ke 64 Pemerintah Kota Yogyakarta, kita tingkatkan kualitas pelayanan kepada  masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih bermartabat, serta masyarakat yang sejahtera dengan landasan Segoro Amarto'. Dengan tema ini  untuk menghidupkan kembali peran serta masyarakat dan swasta dalam  melaksanakan pembangunan Kota Yogyakarta dengan berdasarkan 4 pilar utama yang meliputi Kedisiplinan, Kepedulian Sosial, Kegotong Royongan dan Kemandirian. Gerakan ini bertujuan untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan masyarakat serta mempercepat penurunan angka kemiskinan  dengan penekanan utama perubahan nilai pada masyarakat. (byu)

abi is agusbudi | Tanya Komputer