Detail Berita
Grand Opening Pasar Klithikan Pakuncen
28-02-2008

GRAND OPENING PASAR KLITHIKAN PAKUNCEN

MENTERI KOPERASI DAN UKM BERI HADIAH UMROH PENGUNJUNG


              Diawali doa bersama dan buka lawang pada 11 Nopember lalu, akhirnya Pasar Klithikan Pakuncen diresmikan. Grand opening pasar barang bekas dan antik ditandai pemukulan kenthongan dan penandatanganan prasasti oleh Menteri Negara Koperasi dan UKM, Suryadarma Ali beberapa waktu lalu tepatnya Kamis (13/12). Hadir dalam acara itu Walikota Yogyakarta, H Herry Zudianto, Wawali H Haryadi Suyuti, Sekda DIY Tri Harjun Ismadi, Msc. Ketua DPRD Kota Arief Noor Hartanto, serta mantan Wakil Walikota HM Syukri Fadholi sebagai salah satu penggagas pembangunan Pasar Klithikan Pakuncen.

Dalam sambutannya Menteri Negara Koperasi dan UKM Suryadarma Ali mengatakan, keberhasilan pemindahan pedagang yang dulu pedagang kaki lima di beberapa titik lokasi ke Pasar Klithikan Pakuncen merupakan prestasi membanggakan yang ditorehkan Pemkot Yogyakarta. ”Pemindahan ini merupakan prestasi tersendiri yang sangat membanggakan. Karena pemkot lebih menonjolkan sentuhan kemanusiaan dan mengedepankan aspek dialogis yang tidak menimbulkan gejolak” kata Suryadarma.

Pada kesempatan itu, Menteri Koperasi dan UKM berjanji akan memberi bantuan penguatan modal kepada seluruh pedagang yang tergabung dalam Koperasi Ngesti Rahayu. Untuk tahap awal akan dikucurkan bantuan sebesar Rp 500 juta. Sedang untuk menggairahkan kedatangan pengunjung berbelanja ke Pasar Klithikan, Suryadarma juga menjanjikan hadiah menggiurkan yakni ibadah umroh. Hadiah lain tak kalah menariknya adalah mobil Suzuki APV yang digabung promo acara Jogja Great Sale.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta, H Herry Zudianto menegaskan kembali bahwa pemindahan pedangan klithikan ke Pasar Klithikan Pakuncen merupakan upaya pemkot untuk meningkatkan status pedagang dari pedagang informal menjadi pedagang formal. ”Dengan pemindahan ini, status pedagang meningkat dari pedagang informal menjadi pedagang formal dan mempunyai status hukum”, kata Herry. Ditambahkan, Pasar Klithikan akan dijadikan salah satu tujuan wisata dan akan dipromosikan secara gencar agar semakin banyak masyarakat berkunjung dan berbelanja ke pasar ini.   

Selesai peresmian, Menkop didampingi Walikota dan tamu undangan meninjau dan berdialog menyusuri los-los para pedagang yang tengah menggelar dagangannya.(hg)

abi is agusbudi | Tanya Komputer