Detail Berita
KOTA JOGJA, KOTA YANG PALING LAYAK HUNI DI INDONESIA
18-08-2011

Untuk kedua kalinya Kota Yogyakarta berhasil mempertahankan predikat sebagai kota yang paling nyaman untuk dihuni. Survey yang dilakukan oleh IAP pada 2009 dan 2010 secara berturut-turut Kota Yogyakarta berhasil menduduki peringkat pertama sebagai Kota Yang Nyaman huni. Survey yang dilakukan oleh Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia terhadap 1000 penduduk di 15 kota besar di Indonesia dari bulan Oktober 2010-Maret  2011 untuk mengetahui tingkat kenyamanan tinggal di sebuah kota. Hasilnya Yogyakarta yang menjadi kota ternyaman dengan Most Liveable City Index (MLCI) 2011 sebesar  66,52%. Bahkan pada hasil survey tahun 2010 yang dilakukan Kota Yogyakarta naik satu poin lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Hasil survey yang dilakukan pada tahun 2009, menyatakan bahwa Kota Jogja,  menjadi Kota pilihan ternyaman menduduki skor tertinggi dibandingkan 11 kota lain di Indonesia. Berdasarkan survey di masing-masing kota persepsi tingkat kenyamanan tertinggi di Kota Yogyakarta sebesar 65,34 (nilai tertinggi 100, sangat nyaman) dengan nilai rata-rata (mean) indeks adalah 54,17.

Menurut Sekertaris Jenderal (IAP) Bernardus Djonoputro, Penelitian 2010 ini mengambil sampel  responen secara acak pada masyarakat yang tinggal di 15 kota tersebut. Dalam survei itu, pertanyaan yang diajukan tidak membandingkan  antara kota satu dengan kota lainnya.

"Survei ini dilakukan dengan sederhana dengan snapshot. Tidak ada pertanyaan  membandingkan, hanya menanyakan apakah kota Anda nyaman, lingkungannya gimana,  transportasinya, kesehatan, dan lain-lain".  Survei ini bukan ajang  untuk bersaing  merebut penghargaan. Survei ini hanya untuk cerminan dan bahan referensi untuk membangun kotanya.

abi is agusbudi | Tanya Komputer