Detail Berita
KOTA YOGYAKARTA KEMBALI RAIH ADIPURA 2011 KATEGORI KOTA BESAR
18-08-2011

 

Tepat di hari ulang tahunnya ke - 64 Pemerintah Kota Yogyakarta mendapat kado istimewa. Kado istimewa yang datang dari istana Negara ini berupa penghargaan Adipura. Kota Yogyakarta meraih penghargaan Adipura 2011 dalam kategori Kota Besar. Penghargaan Adipura akan diberikan oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudoyono di Istana Negara ,jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta Selasa, (7/6/2011) pukul 09.30 WIB.

Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudianto mengatakan penghargaan Adipura yang diterima Kota Yogyakarta untuk kesekian kalinya ini menunjukkan bahwa program Jogjaku Bersih dan Hijau sudah berada pada jalurnya dan sudah mulai diterima masyarakat Jogja sebagai sebuah nilai sosial di masyarakat.“ Penghargaan Adipura ini menunjukkan bahwa program Jogjaku Bersih dan Hijau sudah on the track dan sudah mulai menjadi nilai-nilai sosial di masyarakat. Tetapi harus diakui juga bahwa belum benar-benar menjadi budaya atau kearifan lokal semua masyarakat. Nah, penghargaan Adipura ini justru harus menjadi tekad kita semua, baik tokoh masyarakat, tokoh organisasi, tokoh agama dan tokoh pendidikan serta semua masyarakat Jogja untuk terus dan tiada henti memelopori dan meneladani dalam aksi terus meningkatkan budaya bersih dan hijau ke masyarakat kota Yogyakarta,” ujar walikota.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Informasi Kota Yogyakarta, Drs. Yunianto Dwi Sutono mengatakan kepastian Kota Yogyakarta menerima penghargaan Adipura ini dikuatkan dengan adanya surat pemberitahuan dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia bernomor B-4886/Dep-IV/LH/06/2011, tertanggal 1 Juni 2011. Surat yang ditujukan kepada walikota dan bupati ini ditandatangani Deputi Bidang Pengelolaan B3, Limbah B3 dan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup RI, Dra. Masnellyarti Hilman, M.Sc.

Yunianto menambahkan penghargaan Adipura 2011 dibagi dalam 4 kategori yakni kategori Kota Metropolitan, Kota Besar, Kota Sedang, dan Kota Kecil. Kota Yogyakarta bersama kota Pakanbaru masuk dalam kategori Kota Besar. Kota Surabaya dan Palembang termasuk dalam kategori Kota Metropolitan. Sedangkan 17 Kota dan Kabupaten masuk dalam kategori Kota Sedang dan 42 lainnya kategori Kota Kecil.

Daftar Kabupaten Kota Penerima Adipura 2011 Kategori Kota Metropolitan adalah Kota Surabaya, Kota Palembang. Kategori Kota Besar meliputi Kota Yogyakarta, Kota Pakanbaru. Kategori Kota Sedang, Kabupaten Jepara, Kota Pare Pare, Kota Kendari, Kabupaten Gresik, Kota Probolinggo, Kabupaten Maluku Utara, Kota Pasuruan, Kabupaten Tulung Agung, Kota Manado, Kota Lubuk Linggau, Kota Bontang, Kota Bitung, Kota Pekalongan, Kota Palopo, Kota Blitar, Kabupaten Tangjung Pinang, dan Kota Banjar Baru.

Sedangkan kategori Kota Kecil terdiri dari Kabupaten Pangkep, Kota Waringin Barat, Kaputaen Pati, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Donggala, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Barru, Kabupaten Madiun, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Kepulauan Sula, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten lampung Selatan, Kabupaten Wonosobo, kabupaten Nganjuk, Kota Sibolga, Kabupaten langkat, kabupaten Sorolangon, kabupaten Boyolali, Luwu Timur, Boalemo, Malang, Temanggung, Sumenep, Karangasem, Minahasa utara, Purbalingga, Soppeng, Wajo, Solok, Merangin, Pagar Alam, Muara Enim Sragen, Bangli, Tidore Keu[palauan, Musi Banyu Asin, dan Pacitan. ( @mix )

abi is agusbudi | Tanya Komputer