Detail Berita
PEMKOT YOGYAKARTA PERTAHANKAN PREDIKAT WTP
18-08-2011

Pemerintah Kota Yogyakarta berhasil mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas pemeriksaan laporan keuangan daerah APBD 2010. Prestasi membanggakan ini diterima Wakil Walikota  Yogyakarta, H Haryadi Suyuti di Kantor Perwakilan BPK RI DIY, didampingi Sekda Kota Yogyakarta, Drs H Rapingun, Kepala Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan (DPDPK) Kota Yogyakarta, Arbhak Yogya.

Keberhasilan mempertahankan predikat WTP ini dua tahun berturut-turut ini menjadikan  deretan prestasi Pemkot Yogyakarta makin panjang. Menurut Asisten Administrasi Umum  Pemkot Yogyakarta, Dra Titik Sulastri, keberhasilan ini merupakan buah kerja sama dan komitmen semua jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dalam penyusunan laporan keuangan, semua sudah sesuai dengan sistem akuntansi dan peraturan daerah sehingga tidak ada catatan secara material.

"Ke depan kita harus berusaha sungguh-sungguh untuk mempertahankan predikat WTP ini.  Ini merupakan penghargaan tertinggi dari BPK dalam pemeriksaan laporan keuangan.

Komitmen dan kerja keras kita untuk memajukan Kota Yogyakarta dan menjadi pelayan  masyarakat yang baik harus kita tingkatkan," katanya.

Tahun lalu dari 485 kota/kabupaten di Indonesia hanya 12 daerah yang berhasil mempertahankan WTP. Salah satunya adalah Kota Yogyakarta. Sebuah prestasi  membanggakan dan tantangan tersediri untuk mempertahankannya pada tahun-tahun  berikutnya. Atas keberhasilan ini pula, Pemkot Yogyakarta selalu menjadi daerah tujuan studi banding kota/kabupaten lain di Indonesia. Mereka ingin menimba ilmu dan mencontoh keberhasilan Kota Yogyakarta.(ank)

abi is agusbudi | Tanya Komputer