Detail Berita
JALAN SEGORO AMARTO WARUNGBOTO DIRESMIKAN WALIKOTA
22-06-2011


Warga di Rukun Warga RW. 09 Kelurahan Warungboto, kecamatan Umbulharjo telah memiliki jalan baru. Jalan sepanjang 1.550 meter  yang menghubungkan 4 Rukun Tetangga (RT) di RW. 09 yakni RT.35,36,37 dan 38  ini diresmikan Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto Minggu pagi, (20/02). Jalan baru ini diberi nama Jalan Segoro Amarto oleh Walikota Yogyakarta.
Tokoh masyarakat RW.09 Rahmat Sholeh yang juga sekretaris RW.09 menjelaskan tanah yang digunakan sebagai jalan oleh warga ini merupakan tanah hibah dari keluarga Jiwo Suharto, Dirjo Harjono, dan Drs. Sahudiyono, M.PA. Dikatakan jalan ini memberikan akses bagi masyarakat yang akan melakukan aktivitas seperti ke masjid sekolah dan juga pasar.
Sementara itu ketua RW.09 Ramlan menambahkan panjang jalan Segoro Amarto  1.550 meter dan  sekitar 1.250 meter telah dipasangi konblok . Sedangkan sisanya akan diselesaikan warga dalam waktu dekat ini.  Dikatakan terwujudnya jalan ini merupakan swadaya masyarakat dibantu stimulan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui dana blockgrant dan PNPM.  Menurut Ramlan, pembukaan dan pengerjaan pengonblokan jalan baru  ini dilakukan oleh warga sendiri seusai aktivitas rutin mereka. “Biasanya dikerjakan seusai warga selesai mengerjakan pekerjaan rutin mereka. Jalan ini kami kerjakan dalam tempo 21 hari. Sekitar 25 warga memasang konblok jalan baru ini. Ini, dilakukan tiap malam hingga pukul 24.00 malam,”ujar Ramlan.
Ramlan menggambarkan antusiasme warga untuk membangun wilayahnya sangat tinggi. Dirinya berharap keberadaan jalan ini bisa mempererat tali silaturahmi keempat RT yang ada di wilayahnya.
Sementara itu, Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudiyanto berharap agar jalan yang sudah diresmikan bisa dimanfaatkan dan dirawat warga  dengan sebaik-baiknya. Karena menurut Walikota jalan Segoro Amarto ini dibangun  diatas partisipasi warga RW . 09.
Walikota juga berterima kasih kepada warga  yang telah menghibahkan tanahnya untuk dijadikan fasilitas umum warga. Menurutnya semangat pengorbanan seperti ini harus ditiru dan diteladani warga lain. Walikota juga berterima kasih karena warga juga mau berpartisipasi membangun kota Yogyakarta dengan caranya masing-masing.
Pada kesempatan itu Walikota juga meninjau kegiatan PAUD, dan kerajinan hasil produksi warga setempat. Walikota juga  memberikan stimulan dana terhadap kegiatan warga seperti PAUD, Taman Bacaan, Kesenian Kerawaitan, Kegiatan keagamaan dan Dasa wisma.
Ketika ditanya  alasan memberi nama Segoro Amarto pada jalan baru ini, Walikota mengatakan dirinya merasa bangga dan terharu melihat kegigihan warga membangun wilayahnya. “Dengan melihat kegigihan mereka, menjadikan alasan  mengapa saya menamakan jalan tersebut Segoro Amarto (Semangat Gotong Royong Agawe Majune Ngayogyokarto) seperti program pengentasan kemiskinan.  Semangat ini, dimiliki warga Warungboto,” ujar Walikota. (@mix)

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer