Detail Berita
WALIKOTA RESMIKAN ZONA TANAMAN HIAS PASTHY
22-06-2011


Zona  tanaman hias di Pasar Satwa Dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTHY) diresmikan oleh Walikota Yogyakarta Herry Zudianto, Selasa (1/3). Zona tanaman hias ini memiliki luas 2.160 meter persegi dan dihuni oleh 31 pedagang. Pembangunan zona ini menelan dana APBD Kota Yogyakarta sebesar 275,9 juta rupiah. Sebelumnnya para pedagang tanaman hias ini hanya berjualan di lapak-lapak yang belum teratur.
Pada kesempatan itu Pak Herry mengatakan, keberadaan pasar tradisional tidak perlu merasa tersaingi dengan adanya pasar modern jika ditangani dengan prinsip manajemen modern. Pasar tradisional memiliki kelebihan selain sebagai tempat jual beli juga mampu mempererat jalinan sosial. Pasar tradisional juga dapat dikembangkan sebagai tempat rekreasi.
Kepala Dinas Pasar Ahmad Fadli menjelaskan, di lokasi zona tanaman hias ini nantinya akan dikembangkan tidak hanya sebagai tempat jual beli namun juga sarana edukasi bagi pelajar. Siswa TK, hingga SMA dapat belajar tentang tanaman disini, dan para pedagangpun telah dibekali pengetahuan tentang tanaman. Selain itu lokasi ini juga dimungkinkan untuk menggelar hajatan seperti pesta pernikahan ataupun khitanan, paparnya. (ism).

 

abi is agusbudi | Tanya Komputer