Detail Berita
2010 BLH Bangun 3 Taman Pinggir Sungai
10-01-2011

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogya akan membangun tiga taman pinggir sungai sepanjang tahun 2010 di Sungai Code, Winongo dan Gedongkuning. Sedangkan pada tahun 2013 akan dibangun 21 taman.

"Yang di Code akan dibangun di jembatan Tungkak Brontokusuman, di Gajah Wong ada di RW 5 Kelurahan Prenggan, dan yang di Winongo tamannya ada di RW 12 Bumijo,” terang Kabid Pengawasan dan Pemeliharaan Lingkungan BLH Kota Yogya, Ika Rostika, ketika dihubungi
KRjogja.com, Kamis (14/10).

Ika menjelaskan saat ini BLH merencanakan pembangunan taman pinggir sungai di Kelurahan Sorosutan. Dan, Senin (18/10) akan dilakukan pembangunan fisik yang akan selesai dalam waktu 45 hari. Sedangkan anggaran berasal dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 44  juta setiap taman.

"Disana ada sarana bermain anak seperti ayunan, ungkitan dan gazebo. Namun, pengelolaan dan pemeliharaan diserahkan kepada komunitas masyarakat setempat. Selain itu, memeiliki persyaratan lain," tandasnya.

Syarat itu, kata Ika adalah lahan berada di bantaran sungai dengan lebar minimal 10 meter. Saat ini, lahan terbesar ada di Prenggan seluas 35 x 17 meter dan terkecil di Bumijo dengan ukuran 18 x 8 meter.(Den) 

abi is agusbudi | Tanya Komputer