Detail Berita
DANLANUD PIMPIN PEMBUKAAN TMMD SENGKUYUNG
10-01-2011

Kodim 0734 Kota Yogyakarta melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 85 Tahun 2010 di Kelurahan Terban, Kecamatan Gondokusuman, mulai tanggal 13 Oktober hingga 2 November 2010. Upacara pembukaan dipimpin oleh Danlanud Adisucipto, Marsma TNI Hadiyan Sumintaatmadja, Rabu (13/10) bertempat di Lapangan Tegal Terban. 
Inspektur Upacara yang membacakan amanat Pangdam IV Diponegoro, Mayjen Langgeng Sulistiyono dimana tema TMMD kali ini adalah ‘Melalui TMMD Kita Tingkatkan Kebersamaan Dalam Memberdayakan Masyarakat dan Desa Guna Meningkatkan Akselerasi Pembangunan di Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Ketahanan Wilayah Yang Tangguh Serta Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa’. "Tema ini hendaknya menjadi tekad dan pedoman serta harus diwujudkan secara nyata. Karena itulah, TMMD Reguler ke-85 dan Sengkuyung Tahap II ini dilaksanakan dengan memadukan program kerja TNI dan Rencana Pembangunan Pemerintah Daerah," ujarnya. 
Sementara itu, Dandim 0734 Yogya, Letkol Inf Arudji Anwar menjelaskan sudah menggelar kegiatan pra TMMD reguler pada 27 September - 12 Oktober 2010. Sedangkan pada TMMD selama tiga pekan akan membuad talud sepanjang 45 meter, rehabilitasi lima rumah penduduk, satu balai RW dan satu unit MCK. "Untuk sasaran non fisik berupa sosialisasi penanggulangan penyakit DBD dan flu burung, penanggulangan limbah dan perda PKL. Selain itu, sosialisasi pekat dan narkoba, sosialisasi bela negara dan Undang-Undang KDRT," terangnya.
Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kota Yogya Sri Adiyanti menjelaskan, total anggaran untuk TMMD ke 85 ini adalah sebanyak Rp 363, 5 juta dan sekitar 80 persen berasal dari APBD Kota Yogyakarta. "Dari APBD Kota Yogya sebesar Rp 214,998 juta, sementara dari APBD DIY sekitar Rp 50 juta," katanya.(and)

abi is agusbudi | Tanya Komputer