Detail Berita
Pojok Asi Harus Ada di Posyandu
10-01-2011

KADER YANDU ADALAH PEJUANG SEJATI 

 Tim Monitoring Yandu Kota Yogyakarta dipimpin oleh Ibu Ana Haryadi belum lama ini melihat dari dekat Gelar Yandu Plus di RW 07 Kelurahan Sorosutan, Umbulharjo (14/10). Bertempat di Balai RW setempat berbagai kegiatan Posyandu antara lain berupa pelayanan kesehatan, PAUD, Bina Keluarga Balita, Pusat Informasi Konseling Reproduksi Remaja, Taman Gizi, penimbangan anak dan UPPKS.
 Bu Ana mengatakan, sistim informasi posyandu terbaru telah diberlakukan di Posyandu RW 07, hal ini memudahkan monitoring data anak-anak posyandu serta dapat dipantau secara nasional. Posyandu Plus di RW 07 Sorosutan perlu di contoh, karena telah ada pelayanan yandu lansia, para ibu mendapatkan pembinaan juga terpadu dengan PAUD. “Saya sudah mengetahui di RW 07 ini telah melaksanakan pos daya, serta menerapkan sistim informasi guna pemantauan anak posyandu, yang dapat dipantau secara langsung. Hal ini tentunya berkat sentuhan kreativitas para kader yandu untuk kemajuan masyarakat. Kader adalah pejuang sejati diwilayahnya, karena tanpa adanya kader, kegiatan-kegiatan PAUD, BKB, Lansia dan sebagainya tidak akan jalan”,tuturnya.
Ditanya mengenai Pojok Asi yang disertakan dalam berbagai kegiatan, ibu Ana menjelaskan, tempat ini memang diperlukan karena agar kelangsungan pada ibu yang baru menyusui tetap dapat melaksanakan tugasnya sebagai seorang ibu tanpa ada rasa malu. Sebab pemberian asi harus eksklusive agar pekembangan bayi lebih baik, sebab asi tidak dapat digantikan oleh susu formula apapun. “Pembuatan Pojok Asi ini harus save, aman, bersih, tertutup dan tidak membahayakan bagi si anak. Kami mempunyai program asi ekslusive selama dua tahun, karena asi modal utama bagi kesehatan dan kecerdasan anak serta kedekatan batin dengan ibunya, yang akan berpengaruh pada perjalanan hidupnya kedepan,” terang Bu Anan.
 Sementara itu Camat Umbulharjo, Agus Winarto mengungkapkan, pemilihan RW 07 Sorosutan karena kegiatannya paling memadai baik posyandu balita sampai posyandu lansianya. Disamping itu pihaknya telah melakukan Pos Daya sebagi wadah komunikasi untuk semua kelompok masyarakat, sehingga urusan mengenai ibu-ibu, anak-anak, remaja sampai dengan bapak-bapak terwadahi oleh Pos Daya ini. Dengan Pos Daya (Pemberdayaan) ini dikembangkan berbagi macam kegiatan seperti simpan pinjam yang dapat menyisihkan dananya untuk pendidikan, kesehatan, maupun lingkungan lingkungan.(and)

abi is agusbudi | Tanya Komputer