Detail Berita
Alat Raga Berbasis Kelistrikan Lengkapi Koleksi Taman Pintar
10-01-2011

Alat peraga baru berbasis teknologi kelistrikan kini hadir di Taman Pintar. Alat raga tersebut adalah unit simulasi pemakaian energi listrik, animasi sistem pembangkit dan penyaluran tenaga listrik, simulasi tenaga matahari, serta pembuatan program setting kelistrikan. Alat raga kelistrikan melengkapi koleksi konten Taman Pintar ini merupakan kerjasama Pemkot Yogya dengan Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI) DIY. Peresmian dilakukan oleh Wakil Walikota Haryadi Suyuti di area playground dan gedung oval lantai 2 Taman Pintar hari Selasa (12/10).
Ketua AKLI DIY, Aji Karmanto mengungkapkan bahwa pengadaan alat peraga ini sebagai wujud kepedulian asosiasi untuk lebih memajukan pendidikan di bidang kelistrikan. Untuk pembuatan keempat alat peraga diperlukan biaya berkisar 50 juta rupiah yang berasal dari mitra kerja dan koperasi asosiasi. 
Salah satu alat peraga adalah pembangkit energi listrik, yang digambarkan lampu tenaga surya, berada di area playground. Sementara alat simulasi penghitung energi listrik terletak di zona listrik gedung oval bisa mengkalkulasi biaya listrik setiap bulannya, tambah Aji Karnanto. 
Dalam sambutannya Wakil Walikota Haryadi Suyuti menyampaikan apresiasi atas peran serta AKLI DIY. Diharapkan alat peraga ini mampu menambah pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan energi listrik. ”Sarana ini penting, dengan mengetahui bagaimana terjadi arus listrik hingga menggerakan berbagai alat masyarakat juga dapat lebih berhemat energi”, ungkap Haryadi Suyuti.(byu)


abi is agusbudi | Tanya Komputer