Detail Berita
PASTHY KINI MILIKI INSTALASI AIR SIAP MINUM
15-12-2010

Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtamarta Yogyakarta membangun instalasi air siap minum di lokasi Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTHY). Air siap minum itu diperuntukan bagi pedagang dan pengunjung yang datang ke area pasthy tersebut, diresmikan Walikota Yogyakarta Herry Zudianto, Senin (2/8).  Instalasi Air Siap Minum di area publik seperti di pasthy ini merupakan pilot projek yang dikembangkan PDAM Tirtamarta sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat.
Direktur PDAM Tirtamarta Imam Priyono mengatakan selain di pasthy, pihaknya juga berencana akan membangun instalasi serupa di Alun-alun selatan pada bulan September mendatang. Pada 2011 nanti akan membangun lagi lima instalasi air siap minum, dan rencananya akan ditempatkan di area tujuan wisata seperti pasar Beringharjo, Malioboro dan tempat tujuan wisata yang ada di kota melalui program coporate social responsibility (CSR). “Tempat pastinya belum bisa ditentukan dan masih menanti hasil kajian bersama dengan pemkot”, tutur Imam.
Mengenai kualitas, Imam meyakinkan bahwa air siap minum yang dihasilkan telah memenuhi standar kesehatan sesuai peraturan Menteri Kesehatan RI. Untuk membuktikannya, Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto dan beberapa pejabat tanpa ragu  mencoba meneguk langsung air dari kran instalasi. Menurut Walikota rasanya cukup segar, tidak kalah dengan air mineral kemasan yang telah beredar di pasaran. “Ya, rasanya cukup segar, tidak kalahlah dengan air kemasan lain…enak,” ujar Walikota.
Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto menjelaskan, fasilitas air minum semacam ini di negara-negara maju merupakan hal yang biasa. Menurut Walikota penyediaan fasilitas air minum semacam itu akan menambah pelayanan bagi masyarakat khususnya bagi pengunjung pasthy maupun pedagang. Walikota Yogyakarta, berharap kepada segenap masyarakat pengguna layanan air siap minum untuk menjaga dan merawatnya dengan baik agar tetap awet dan bisa digunakan dalam kurun waktu yang lama.
Peresmian instalasi air siap minum yang bernilai Rp. 30 juta di area pasthy ini berkenaan dengan peringatan Hari Bhakti PDAM Tirtamarta ke 41. Tampak hadir antara lain : Henri Kuntjoroyekti ketua DPRD Kota Yogyakarta, Muspida, Muspika Kec. Mantrijeron, Perwakilan pengguna air siap minum PASTHY dan tamu undangan.(@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer