Detail Berita
Merdeka !......sekali merdeka tetap merdeka !
15-12-2010

Enam puluh lima tahun yang lalu bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Bangsa Indonesia terbebas dari penjajahan bangsa lain. Kemerdekaan diperjuangkan para pahlawan dengan tetesan keringat dan darah, jiwa dan raga diwariskan kepada kita semua untuk bertanggung jawab mengisi kemerdekaan. Peringatan HUT ke-65 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia mengedepankan tema ”Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945 Kita Sukseskan Reformasi Gelombang Kedua Untuk Terwujudnya Kehidupan Berbangsa Yang Makin Sejahtera, Makin Demokratis dan Makin Berkeadilan”.
Dalam mengisi kemerdekaan kita semua mempunyai tanggung jawab mewujudkan cita-cita proklamasi yaitu untuk menjadi bangsa dan negara yang maju, sejahtera, berdaulat dan  bermartabat. Oleh karena itu saya mengajak seluruh masyarakat Kota Yogyakarta untuk bertekad :
1. Terus gelorakan dan kobarkan semangat kebangsaan, semangat cinta tanah air. 2.  Kedepankan semangat kebersamaan, gotong royong dan kepedulian. Kedepankan kata ”kita” bersama daripada ”aku” sendiri. Terus pupuk dialog, saling menghormati, saling peduli antar komponen masyarakat. Jika kita bersama-sama dan kita bersatu, tidak ada kata tidak bisa untuk membangun atau mewujudkan sesuatu. Tumbuhkan rasa berdaya, semangat kerja keras dan pantang menyerah, perilaku disiplin dan tertib hukum sebagai nilai-nilai individu maupun sebagai nilai-nilai kelompok yang diunggulkan dan dihargai. 3. Peristiwa ini kita jadikan ajang presentasi karya-karya yang sudah kita lakukan untuk Yogyakarta. Karya-karya terbaik yang sudah kita lakukan untuk wilayah RT/RW di sini, wilayah kelurahan, wilayah kecamatan dalam satu tahun terakhir. Kemudian kita deklarasi tekad menentukan rencana karya-karya terbaik yang akan kita lakukan untuk Kota Yogyakarta, untuk wilayah RT/RW di sini, wilayah kelurahan, wilayah kecamatan dalam satu tahun ke depan.
Lebih lanjut saya mengajak seluruh masyarakat Yogyakarta termasuk bapak, ibu, saudara-saudara, adik-adik dan anak-anakku sekalian untuk :
1. Ayo terus kita perangi dan jauhkan lingkungan ini dari masalah-masalah sosial seperti perjudian, miras, narkoba dan perilaku-perilaku yang menyimpang dari norma-norma agama dan sosial. 2. Terus lakukan gerakan ramah lingkungan dengan, pertama menjaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan. Taruh sampah pada tempatnya. Lakukan gerakan pemilahan sampah hingga di setiap rumah tangga. Kedua, terus lakukan penghijauan dengan menanam pohon atau tanaman di berbagai tempat yang memungkinkan. Ketiga, terus lakukan pembuatan lubang biopori  atau lubang tabung air dan atau peresapan air hujan yang merata di semua tempat yang dirasa menjadi pusat-pusat genangan air, baik dipersil pribadi maupun di gang-gang kampung atau lingkungan. 3. Terus lakukan perilaku hidup sehat dengan makan yang bergizi, olahraga teratur dengan senam berkelompok atau olahraga lain secara pribadi. Bentuk klub-klub senam hingga ke wilayah terkecil untuk menjadikan senam bersama sebagai bagian dari interaksi sosial sekaligus menjaga kesehatan jasmani kita. 4. Gerakkan cinta membaca. Buatlah jam membaca masyarakat dengan matikan televisi untuk seluruh keluarga kemudian seluruh keluarga bersama-sama membaca buku-buku yang menambah wawasan dan pengetahuan. Ayo, terus kita wujudkan perpustakaan-perpustakaan di setiap RW yang dikelola sebaik-baiknya sebagai pusat pencerahan wawasan dan ilmu bagi seluruh masyarakat. Pelihara kebersihan sungai, selokan, parit dan genangan-genangan air lainnya agar terbebas dari sampah dan jentik-jentik nyamuk, dengan kerja bakti secara berkelanjutan. 6. Kibarkan sepanjang tahun bendera merah putih di mulut-mulut gang perkampungan yang sudah berdiri gapura. Pasang atribut-atribut merah putih di sepeda, sepeda motor, mobil, rumah kita, kantor kita, tempat usaha kita dengan stiker ataupun kibarkan bendera merah putih dengan ukuran yang disesuaikan dengan kondisi setempat sepanjang tahun.
Saya selaku kepala pelayan masyarakat siap untuk selalu bersama-sama masyarakat saling asah, asih, asuh, ajur, ajer, ”nyengkuyung” atau berbagi beban untuk mencapai tujuan bersama sesuai dengan fungsi dan peran kita masing-masing di semua bidang pembangunan.
Khusus bagi seluruh aparatur Pemerintah Kota Yogyakarta saya ingatkan lagi bahwa hakekatnya Pemerintah adalah abdi negara untuk melayani masyarakat dan bekerjasama dengan masyarakat untuk menggapai kemajuan, kesejahteraan, kedaulatan dan martabat bangsa. Untuk itu semboyan ”dahulukan kepentingan masyarakat, permudah pelayanan masyarakat dan utamakan pencapaian kinerja” harus menjadi nilai-nilai standart dalam kita melaksanakan tugas. Dan terus jaga prinsip-prinsip pemerintahan yang baik dan bersih di segala lini pemerintahan.
Maju dan sejahtera Kota Yogyakarta.
Dirgahayu Republik Indonesia !
Salam Jogja ! Salam Indonesia ... Jaya...!

abi is agusbudi | Tanya Komputer