Detail Berita
UNTUK INTERNETAN BERSAMA WARGA SANGGRAHAN RW 2 SEMAKI HADIRKAN RT/RW Net
15-12-2010

UNTUK INTERNETAN BERSAMA WARGA SANGGRAHAN RW 2 SEMAKI HADIRKAN RT/RW Net

Berangkat dari inisiatif dan ide sederhana warga masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasi RW 2 Semaki, ditindaklanjuti secara cerdas oleh para pemudanya dengan pengadaan jaringan internet kampung yang kemudian disebut RT/RW Net. Konsep RT/RW Net adalah menyambung beberapa komputer dalam suatu perumahan atau blok sehingga dapat saling berhubungan dan berbagi data serta informasi, juga memungkinkan mengakses internet bersamaan.
Untuk mempermudah operasional, warga RW 2 Semaki bahkan membentuk struktur organisasi dan memberi nama S2Net. Sebagai ketua S2Net adalah Ketua RW 02, Arif Martono, S.Si, M.Si dan Managernya Mimbar Cahyadi. “Internet RW 02 merupakan solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan internet secara individual. Biaya hemat dan kualitas koneksi maksimal serta penggunaan dapat dirumah masing-masing yang mengikuti program ini. Biaya pengadaan jaringan internet lebih murah karena pengadaan infrastruktur, operasional dan biaya langganan ditanggung bersama” ungkap Mimbar Cahyadi.
Ditambahkan, konsep S2Net (RT/RW Net) jika dibandingkan dengan penggunaan warnet selama sebulan yang membutuhkan biaya besar, akan lebih murah jika menggunakan layanan internet dengan berlangganan pada suatu internet provider. Kemudian jika ada warga yang turut bergabung, misal 15 orang, maka biaya akan ditanggung bersama oleh 15 warga tersebut. Biaya menjadi sangat murah, dengan asumsi warga yang bergabung bebas menggunakan internet selama 24 jam sehari selama sebulan penuh. Bahkan dari iuran warga S2Net masih bisa menyisakan dana untuk biaya operasional dan maintenance.
Sementara Arif Martono mengatakan, pemanfaatan RT/RW Net dapat dikembangkan sebagai forum komunikasi online yang efektif bagi warga untuk saling bertukar inforamsi, mengemukakakn pendapat, melakukan poling ataupun kegiatan lain tanpa dibatasi waktu dan jarak melalui e-mail, chatting dan web portal. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang RT/RW Net dapat menghubungi Mimbar Cahyadi, Sanggrahan UH I / 588, RT 05 RW 02 Semaki Umbulharjo Yogyakarta, Telp.  0274 542753, 0274 6507304.(byu)

abi is agusbudi | Tanya Komputer