Detail Berita
BAZDA SALURKAN ZAKAT UNTUK PENDIDIKAN
15-12-2010

Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kota Yogyakarta menyalurkan bea siswa bagi 3.950 siswa SDN/MIN, SMPN/MTsN, SMAN/MAN/SMKN. Mereka terdiri 591 siswa anak pegawai kurang mampu dan 3.359 siswa dari keluarga miskin. Bea siswa diserahkan Sekretaris Daerah Drs. Rapingun kepada 6 orang wakil siswa penerima manfaat bertempat di pendopo Balikota, Rabu (14/07). Sumber dana bea siswa berasal dari zakat dan infaq profesi PNS, TNI dan POLRI serta Perusahaan Tingkat Kota Yogyakarta.
Wakil Sekretaris BAZDA Misbahrudin, S.Ag melaporkan zakat dan infaq yang terkumpul dari bulan November 2009 hingga Juni 2010 sebesar Rp. 1.295.322.538,00. Menurutnya, penyaluran zakat dan infaq dibagi dalam 2 semester. Semester pertama, penyaluran zakat diprioritaskan pada peningkatan sumber daya manusia yakni pemberian bea siswa bagi putra putri pegawai non pns yang kurang mampu dan siswa miskin Sekolah Negeri dan Madrasah Negeri di Kota Yogyakarta.
Dijelaskan, beasiswa yang diberikan kepada siswa pegawai kurang mampu terdiri dari TK sebanyak 154 anak masing-masing menerima Rp. 250 ribu, SD/MI sebanyak 256 anak masing-masing Rp. 300 ribu, SMP/MTs sebanyak 119 anak masing-masing Rp. 400 ribu dan SMA/MA/SMK, 62 anak masing-masing Rp. 500 ribu. Sedangkan bagi siswa miskin dari tingkat TK/SD/MI sebanyak 1.806 mendapat Rp. 150 ribu/anak, SMP/MTs 657 mendapat Rp. 200 ribu/anak dan SMA/MA/SMK sejumlah 896 mendapat Rp. 250 ribu/anak.
Zakat semester kedua akan disalurkan pada setiap tiga bulan sekali  dalam  program Jogja Cerdas dan Jogja berkualitas. “Program Jogja Cerdas yakni bantuan bimbingan belajar bagi putra putri pegawai kurang mampu dan siswa miskin SDN/MIN/ kelas VI, SMPN/MTsN kelas IX, dan SMA/MAN/SMKN kelas XII. Sedangkan Program Jogja berkualitas yaitu bantuan jariyah santri miskin Taman Pendidikan Al-Quran (TPA),” jelas Misbahrudin.
Sedangkan, infaq semester II tahun 2010 akan disalurkan untuk program ibadah seperti bantuan tempat ibadah, bantuan syiar Islam, bantuan Masjid pada saat safari tarawih. Dan program muamalah meliputi santunan sakit opname, meninggal dunia, santunan bagi orang yang kehabisan bekal di perjalanan.
Zakat  semester II ini juga akan membantu  tiga orang anak (kakak beradik) yatim piatu dari keluarga kurang mampu yakni Cahaya Annisa Fathonah (SMP), M Yahya Rochim (SD) dan Akbar Latief Mahendrata (SD). Ketiga anak ini akan dibiayai sampai lulus SMA.
Dijelaskan pula, pada semester I tahun 2010 muzakki munfiq yang menunaikan zakat dan infaq profesi melalui BAZDA kurang lebih berjumlah 6.400 pegawai dari 7.750 PNS Pemkot termasuk Kantor Pertanahan dan Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Namun dari jumlah ini yang menunaikan zakat profesi 2,5 persen baru mencapai 3000 pegawai, lainnya kurang dari 2,5 persen atau infaq.
Dalam penyerahan tersebut diisi tauziah oleh Prof Dr H Yunahar Ilyas dari UMY. Tampak hadir antara lain Muspida, DPRD Kota Yogyakarta, Muspika, Camat dan Lurah, perwakilan sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan, MUI Kota Yogyakarta dan tokoh masyarakat. (@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer