Detail Berita
KEPARAKAN TERPILIH 10 BESAR TERBAIK LOMBA KELURAHAN TINGKAT NASIONAL 2010
15-12-2010

Kelurahan Keparakan berhasil terpilih dari  sejumlah 8.072 kelurahan se-Indonesia dalam penilaian tahap pertama berupa seleksi administrasi. Sedangkan penilaian tahap kedua untuk menyisihkan 6 terbaik dilakukan Kamis (22/07). Penilaian dilakukan dengan klarifikasi lapangan terhadap hasil penilaian administrasi sebelumnya. Kunjungan tim penilai dari pusat diterima Asisten Pemerintahan Wido Risnomo, Wakil Ketua TP PKK Ibu Tri Kirana dan staf kec. Mergangsan, kel. Keparakan serta warga setempat. Kedatangan tim penilai disambut dengan alunan lagu paduan suara kolaborasi siswa-siswa SD dengan ibu-ibu PKK kelurahan setempat, menyanyikan lagu “Keparakan Bangkit Maju Jaya”.
Ketua Tim Penilai Budi Prasetyo mengatakan, penilaian tahap klarifikasi ini berfokus pada dimensi penyelenggaraan pemerintahan, partisipasi masyarakat, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kelembagaan masyarakat dan keunikan serta kearifan lokal. Ditegaskan, penilaian sangat tergantung pada kinerja pemerintah daerah dan pemerintah kelurahan beserta masyarakatnya. “Penyelenggaraan lomba kelurahan yang dilaksanakan setiap tahun ini, tidak menutup kemungkinan bagi kelurahan yang pernah juara dapat mempertahankan kejuaraannya. Bahkan dapat mempertahankan kembali pada tahun berikutnya karena mampu meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik lagi,” jelasnya.
Sementara Asisten Pemerintahan Wido Risnomo berharap lomba ini dapat semakin mendorong  motivasi aparatur kelurahan meningkatkan pembangunan riilnya. “Mari bersama menata pemerintahan yang lebih baik sesuai yang dicita-citakan.” Berbagai prestasi telah diraih oleh Kelurahan Keparakan diantaranya pada 2009 lalu Keparakan terpilh sebagai terbaik pertama dalam Lomba Kelurahan tingkat Propinsi DIY. Lurah Keparakan terpilih sebagai Lurah Teladan 2009 di Propinsi DIY.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer