Detail Berita
KOTA JOGJA RAIH PENGHARGAAN MITRA PAUD
15-12-2010

Kota Yogyakarta berhasil menyabet tiga penghargaan sekaligus dalam Lomba Mitra Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berprestasi Tingkat Nasional 2010 yang diselenggarakan Kementrian Pendidikan Nasional. Penghargaan tersebut antara lain : Kategori E untuk Tim Penggerak PKK Terbaik I, Kategori A untuk FORUM PAUD Terbaik II dan Kategori C untuk POSPAUD Pemenang I.
Penghargaan diserahkan oleh Dirjen Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) Depdiknas RI, Hamid Muhammad masing-masing diterima oleh Ibu Hj Dyah Suminar untuk TP PKK terbaik I, Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta untuk FORUM PAUD terbaik II dan Pos PAUD Tunas Melati Prawirodirjan untuk POS PAUN terbaik I. Penyerahan penghargaan pada Rabu (21/7) bertempat di Ruang Sidang Direktorat PAUD Lantai 7 Depdiknas, Senayan, Jakarta.
Dirjen PNFI, Hamid Muhamad mengajak untuk mengoptimalkan upaya menangani PAUD kedepan yang sekarang sudah sangat fenomenal karena telah disadari begitu pentingnya keberadaan PAUD. "Target nasional pada akhir 2014 partisapasi PAUD sebanyak 72,9 % sedangkan posisi sekarang mencapai 53 %. Dari posisi 29 juta anak tercover PAUD maka rata-rata tiap tahun harus memasukkan 1,2 juta anak usia dini per tahun. Ini merupakan tambahan banyak yang tidak bisa dilakukan pemerintah sendiri. Disamping itu masyarakat agar tetap menjaga standar layanan minimal pendidikan PAUD, jangan sampai berdiri PAUD asal-asalan yang kelak akan memicu konflik yang tidak diharapkan", kata Hamid.
Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Kota Jogja, Dyah Suminar mengatakan, Kota Yogyakarta memiliki 564 PAUD ditambah TPA milik pemkot yang terletak di Pasar Beringharjo dan Komplek Balaikota serta tempat strategis lainnya. Permasalahan utama adalah kualitas pendidik PAUD/TPA yang sebenarnya memegang peranan penting. Para pendidik itu memiliki tingkat pendidikan beragam, alangkah baiknya jika pusat memfasilitasi buku acuan pendidikan PAUD, selain untuk keseragaman tentu saja dapat mempermudah pendidik PAUD menyampaikan materi. Dyah Suminar juga menceritakan, salah satu langkah yang diambil Kota Yogyakarta untuk menaikkan kualitas PAUD seiring perkembangan jaman adalah memberikan sedikit insentif bagi pendidik PAUD bukan hanya menggunakan tenaga suka rela saja.(byu)

abi is agusbudi | Tanya Komputer