Detail Berita
RUMAH CEKO KAMPUNG DIPOWINATAN DIRESMIKAN
15-12-2010

Bohemia House – Cesky Dum (Czech House) sebagai pusat informasi wisata bagi wisman Eropa yang berkunjung ke kampung Dipowinatan diresmikan. Bohemia House yang terletak di MG I/297 Dipowinatan Yogyakarta, peresmiannya dilakukan Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Mr Pavel Rezac dan Wakil Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Rabu (26/05). Tampak hadir menyaksikan antara lain Rektor Universitas Duta Wacana Yogyakarta George Iwan Marantika, Muspika Kec Mergangsan, tokoh masyarakat, budayawan dan warga kampung setempat.
Mr Pavel Rezac mengatakan dirinya berkomitmen penuh mendukung kegiatan yang dilakukan di Rumah Ceko dan DIY pada umumnya. Negara Ceko memiliki hubungan khusus dengan Yogyakarta sehingga memaksa dirinya bolak balik Jakarta ke Yogyakarta. Namun dia mengakui baru partama kali menginjakan kakinya di Kampung Dipowinatan. Pavel sangat gembira dan berharap kegiatan di Rumah Ceko dapat mempererat hubungan kedua negara (Indonesia dan Ceko) serta dapat memberikan informasi penting di segala bidang terutama bidang pariwisata.
Wakil Walikota Haryadi Suyuti menyambut baik didirikannya Rumah Ceko di kampung Dipowinatan. Harapannya, rumah Ceko menjadi pusat informasi bagi turis mancanegara khususnya dari Ceko dan Eropa dapat memberikan dampak positip bagi dunia pariwisata di Dipowinatan dan Yogyakarta umumnya. Juga dapat memberikan kontribusi nilai sosial dan ekonomis bagi warga kampung Dipowinatan, Keparakan dan Yogyakarta.
Sejak pencanangan Dipowinatan sebagai Kampung Wisata 4 November 2006 lalu, secara rutin kampung ini dikunjungi wisatawan mancanegara dari Ceko, Slowakia, Swiss, Hongaria dan negara Eropa lainnya. Mereka tertarik karena suasana khas kehidupan sosial masyarakatnya. ”Keramahan warga Dipo sangat berkesan di hati wisman tersebut. Mereka menceritakan “gethok tular” kepada kenalan atau relasinya dan mengajak ke Jogja untuk mampir ke Dipowinatan,” ujar Ir. Marsito Merto warga setempat yang pernah belajar dan menetap di Ceko.
Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung papan nama Rumah Ceko oleh Wakil Walikota dan Duta Besar Ceko dilanjutkan dengan peninjauan. Para tamu dan Dubes disuguhi jamu beras kencur dan wedang jahe sebagai welcome drink serta tarian klasik Yogyakarta dan pantomim dari Jemek Supardi.(@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer