Detail Berita
PUNCAK HALUN 2010 GELAR SENAM LANSIA MASSAL
15-12-2010

Sebagai puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) 2010 Kota Yogyakarta digelar Senam Lansia Massal bertempat di lapangan Balikota, Minggu (13/6). Tampak Walikota Herry Zudianto bersama Ibu Dyah Suminar dan sekitar 800 orang lansia perwakilan dari kecamatan se-kota melakukan senam bersama.
Walikota Herry Zudianto mengemukakan bahwa Yogyakarta memang menjadi kota yang nyaman huni bagi para warga pinisepuh. Salah satu indikator nyaman adalah pemerintah bersama masyarakat menjaga para lansianya tetap sehat, bahagia dan mandiri dalam berbagai kegiatan. Dijelaskan, banyak program yang telah dilaksanakan oleh pemkot untuk mendukung kesejahteraan lansia, seperti puskesmas lansia, pembentukan kelompok-kelompok lansia di tigkat RW, serta pemberdayaan sosial dan ekonomi untuk kelompok lansia. ”Demikian ini menunjukkan bahwa program kebijakan pembangunan di Kota Yogyakarta yang afirmatif terhadap lansia”, kata Pak Herry ketika pembuka puncak halun 2010.
Sebagai rangkaian kegiatan peringatan halun 2010 antara lain dilaksanakan sarasehan bagi lansia; pentas seni lansia dari Kelompok Kesenian Angklung Giriyuswo Bambu Arum dari kel Gunungketur dan pemeriksaan kesehatan gratis khusus lansia. Dalam gelar senam lansia massal, juga dinilai kekompakan, keserasian dan keseragaman gerakan senam. Tampil sebagai juara I adalah kelompok Lansia Danurejan.(byu)

abi is agusbudi | Tanya Komputer