Detail Berita
KELURAHAN KEPARAKAN MAJU KE TINGKAT NASIONAL
15-12-2010

Kelurahan Keparakan berhasil meraih prestasi terbaik pertama tingkat Propinsi DIY dalam Lomba Kelurahan 2010.  Atas prestasi itu Keparakan berhak mewakili DIY maju ke lomba kelurahan tingkat nasional. Menduduki peringkat kedua dan ketiga adalah Kelurahan Kricak dan Kelurahan Wirogunan, hal itu didasarkan  Keputusan Gubernur No.  153/KPTS/2010 tgl 22 Juni 2010.
Prestasi Keparakan ini merupakan keberlanjutan dari prestasi serupa tahun lalu. Pada 2009, Keparakan berhasil menjadi jawara tingkat nasional meraih gelar sebagai Kelurahan Teladan. Lurah Keparakan Rajwan Taufik mengatakan, prestasi Kelurahan Keparakan yang masuk ke perlombaan tingkat nasional 2 (dua) tahun berturut-turut, berkat sinergitas antara pemerintah kelurahan, lembaga-lembaga sosial yang dikoordinir LPMK, pengusaha dan warga masyarakat. Sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan pembangunan di Kelurahan Keparakan berbasis pemberdayaan masyarakat.
”Saat ini kami tengah mempersiapkan segala hal untuk menghadapi lomba tingkat nasional. Pemerintah kelurahan bersama warga bahu membahu melakukan persiapan untuk mengikuti tahapan selanjutnya berupa penilaian administrasi, kunjungan lapangan dan pemaparan kegiatan kelurahan dihadapan Pejabat Kementrian Dalam Negeri,” tuturnya.
Di wilayah Keparakan, masing-masing kampung dikembangkan sesuai potensinya tetapi secara komprehensif pembangunan antar kampung tersebut mempunyai keterkaitan satu dengan lainnya dalam kawasan Kelurahan Keparakan. Beberapa unggulan yang dikedepankan sebagai potensi kampung antara lain : kampung wisata Dipowinatan, kampung Keparakan Lor dikembangkan sebagai kawasan kuliner, Keparakan Kidul dikembangkan sebagai kampung sentra kerajinan dan Kampung Pujokusuman dikembangkan sebagai kampung seni dan budaya.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer