Detail Berita
TP PKK PUSAT PELAJARI PENGELOLAAN RUMAH PEMULIHAN GIZI
15-12-2010

Tim Penggerak PKK Pusat beserta rombongan yang dipimpin oleh Ketua IV Ibu Susi Subekti mengunjungi Rumah Pemulihan Gizi, Senin (14/06). TP PKK Pusat yang bersekretariat di Kementrian Dalam Negeri ini tertarik dengan Rumah Pemulihan Gizi yang dikelola oleh TP PKK Kota Yogyakarta.
“Kami salut dengan kegiatan TP PKK Kota Yogyakarta di Rumah Pemulihan Gizi ini. Kami ingin tahu lebih banyak dan belajar bagaimana pengelolaan RPG ini, dengan mengunjungi secara langsung. Sehingga kami berharap bisa getok tular ke tempat lain,” ujar Susi Subekti.
Ibu Anna Haryadi ketika menerima kunjungan ini mengatakan, RPG didirikan dalam upaya peningkatan gizi balita. TP PKK Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Jogja dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) DIY bertekad menangani kasus balita gizi buruk maupun balita dengan masalah gizi, secara serius dengan mendirikan RPG.
Jumlah balita di Kota Yogyakarta pada tahun 2009 tercatat 23.400 anak.  Sebanyak 19.027 diantaranya melakukan penimbangan di Posyandu, dengan status gizi 187 anak gizi buruk (0,98 %), 1.829 anak gizi kurang (9,6 %) dan 16.285 anak gizi baik (86,11 %). Sedangkan 626 anak lainnya dengan status gizi lebih (3,29 %). Target nasional angka balita gizi buruk adalah dibawah 5 %. ”Sejak beroperasi Februari lalu hingga Juni 2010 ini RPG telah merawat sebanyak 25 anak dengan status gizi buruk dan kurang dalam 3 periode perawatan” tambah Ibu Anna.
Dalam rombongan tersebut juga tampak Deputi KSPK (Keluarga Sejahtera Dan Pembangunan Keluarga) BKKBN Drs Pranyoto, Msi. didampingi Direktur Peran Pria Safarudin Gumay, Direktur Advokasi Paulina, Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Hardianto, Direktur Peran Serta Marlis Alamsyah, dan Ketua BKKBN Pripinsi DIY Dra Sri Arkandini.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer