Detail Berita
PUSKESMAS UMBULHARJO 1 DAN GEDONGTENGEN BUKA LAYANAN TUJUH HARI
15-12-2010

Mulai tanggal 5 Agustus mendatang dua puskesmas di Kota Yogyakarta yaitu Umbulharjo 1 dan Gedongtengen akan buka layanan kesehatan 7 hari dalam seminggu. Jam operasional kedua Puskesmas ini Senin - Jumat (07.30 - 14.30) dan Sabtu (07.30 - 13.00) sedangkan Minggu (08.00 - 12.00). Pada hari Minggu di kedua puskesmas tersebut siap melayani dengan 2 orang dokter umum, 4 orang paramedis dan 3 orang tenaga administrasi. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat khususnya warga miskin dalam mengakses layanan kesehatan di puskesmas.
Selain kedua puskesmas tersebut, juga terdapat 3 puskesmas lain yang telah melakukan operasional layanan selama 24 jam. Ketiganya adalah Puskesmas Jetis, Tegalrejo dan Mergangsan yang selama ini memberi layanan rawat inap.
Kasie Layanan Kesehatan Dasar Dinkes, Tri Mardoyo mengatakan, ini merupakan bentuk peningkatan layanan kepada masyarakat, khususnya warga yang selama ini mengandalkan layanan kesehatan melalui Puskesmas. Dikatakan, operasional puskesmas pada hari Minggu akan dilakukan evaluasi pada enam bulan mendatang. Efektifitas layanan tersebut akan ditinjau kembali. Kalau memang efektif dimungkinkan puskesmas yang membuka layanan pada hari Minggu akan ditambah.
Puskesmas di Kota Yogyakarta saat ini telah memberi pelayanan berupa psikologi klinis dan homecare untuk memandirikan keluarga dan masyarakat. Pada 2010 ini puskesmas juga lebih menekankan upaya promotif-preventif daripada kuratif-rehabilitatif dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer