Detail Berita
ABON JANTUNG PISANG ADA DI PASAR MINGGU TAHUNAN
15-12-2010

Abon merupakan jenis makanan tambahan yang popular dan digemari. Karena mempunyai tekstur lembut dan rasanya khas. Bahkan abon dapat digunakan sebagai camilan ringan menambah citarasa seperti isi roti, isi lemper dan sebagainya. Tapi yang ada di Pasar Minggu Tahunan sebelah barat TMP Kusumanegara memang lain, abon berbahan dasar jantung pisang.
Zuni Widyanto seorang warga Celeban Umbulharjo memproduksi abon jantung pisang ”Setia Rasa” setelah mengetahui begitu banyak kandungan gizi dan manfaat jantung pisang. Abon Setia Rasa ini dari jantung pisang yang masih segar dan diramu dengan bumbu rempah-rempah tanpa pewarna maupun pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi. Bahkan sisa limbah olahan tidak berbahaya karena tidak menggunakan bahan kimia, hanya menyisakan air rebusan jantung pisang. ”Saya berharap produk ini menambah aneka ragam jenis abon dan diterima masyarakat sehingga bisa menyerap tenaga kerja di wilayah Celeban, Tahunan, Umbulharjo”, katanya.
Lebih lanjut dikatakan Zuni, mengutip pendapat Prof. Made Astawan ahli Teknologi Pangan dan Gizi IPB, selain karbohidrat, jantung pisang juga mengandung protein, mineral terutama fosfor, kalsium dan besi serta sejumlah vitamin A, B1 dan C. Kandungan gizi jantung pisang per 100gr : energi (31,00 kal), protein (1,20 gr), lemak (0,30 gr), KH (7,10 gr), Cal (30,00gr), Fospor (50,00 gr), Fe(0,1 gr), Vit A (170,00 gr), Vit B1 (0,05 gr), Vit C (10,00 gr), Air (90,20 gr), bdd (25 %).
Komponen penting lainnya yang terdapat pada jantung pisang adalah serat pangan yang bermanfaat untuk : memperlambat kecepatan pencernaan dalam usus sehingga aliran energi dalam tubuh menjadi tetap. Memberikan rasa kenyang lebih lama; memperlambat munculnya gula darah (glukosa) sehingga insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi semakin sedikit; Membantu mengendalikan berat badan dengan memperlambat munculnya rasa lapar; Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan pergerakan usus besar; Mengurangi resiko penyakit jantung; Mengikat lemak dan kolesterol kemudian dikeluarkan melalui feses (sumber : http://hajaddb.co.cc/berbagai-manfaat-buah-pisang-dan-jantung-pisang), terangnya. Abon Jantung Pisang ”Setia Rasa” a/n : Zuni Widyanto, Celeban UH 3/452 RT.22/05 Yogyakarta, Telp (0274) 6524831 / 081915563567.(tim)

abi is agusbudi | Tanya Komputer