Detail Berita
LOMBA BALITA SEHAT : AKU ANAK JOGJA SEHAT DAN KREATIF
15-12-2010

Raida Syarifah putri Ibu Yuli Setiyani dari kelurahan Semaki berhasil sebagai pemenang pertama kelompok umur 6 - 23 bulan dalam lomba balita sehat yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta bertempat di Rumah Pemulihan Gizi Rabu (26/05). Sedangkan untuk kelompok umur 24 - 59 bulan, pemenang pertama diraih Naufal Naffa putra Bapak Yudisuroto dari kelurahan Rejowinangun.
Ketua penyelenggara dr Fita Yulia mengatakan, agar dapat mewujudkan kesehatan serta tumbuh kembang secara optimal, anak mempunyai kebutuhan hidup yang perlu dipenuhi yaitu hak dan kebutuhan akan makan / zat gizi, kesehatan, bermain, kebutuhan emosional, pengembangan moral, pendidikan serta lingkungan keluarga dan lingkungan sosial yang mendukung bagi kelangsungan hidup, tumbuh kembang dan perlindungannya. ”Anak juga berhak atas peluang dan dukungan untuk mewujudkan dan mengembangkan diri serta kemampuannya,” tambah Fita.
Pada lomba balita sehat kali ini, Fita menjelaskan,  pihak penyelenggara sengaja tidak menggandeng sponsor perusahaan susu, karena untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya asi ekslusif. “Bahwa asi eksklusif itu penting, dengan harapan jangan sampai ibu memperkenalkan susu formula pada bayi,” paparnya.
Wakil Ketua TP PKK Kota Yogyakarta, Anna Haryadi berharap lomba ini tidak berhenti pada event saja, tetapi lebih dapat menciptakan perilaku hidup sehat dalam keluarga dan masyarakat sebagai upaya meningkatkan kualitas gizi, kesehatan dan pendidikan balita. “Kami harapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan dan bersinergi dengan program lain yaitu posyandu, PAUD dan BKB (Bina Keluarga Balita) yang kesemuanya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan balita.
Lomba yang digelar rutin ini mengusung tema “Saya Anak Jogja Sehat dan Kreatif” diikuti oleh 72 anak dari perwakilan 18 puskesmas se-Kota Yogyakarta.  Untuk kelompok umur A diikuti 33 balita dan kelompok umur B diikuti 37 balita. Tim yuri dari dokter spesialis anak RSUD Kota Yogyakarta, Kantor KB Kota Yogyakarta, TP PKK Kota Yogyakarta dan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.(isma)

abi is agusbudi | Tanya Komputer