Detail Berita
JOGJA RAIH ADIPURA KETUJUH KALI
15-12-2010

Penghargaan Adipura tahun ini diterima Kota Yogyakarta untuk ketujuh kalinya. Yogyakarta meraih Adipura untuk kategori kota besar bersama tiga kota lain yaitu Balikpapan, Pekanbaru dan Malang dari total 15 kota besar yang ada di Indonesia. Penghargaan diserahkan oleh Presiden SBY dan diterima Wakil Walikota Haryadi Suyuti di Istana Negara Selasa, (08/06).

Selain itu ada tiga titik di kota juga mendapat plakat Adipura. Antara lain Pasar Lempuyangan, Taman Adipura Jalan Abubakar Ali dan Terminal Giwangan, karena kebersihannya yang cukup baik. Sedang dua sekolah di kota juga berhasil meraih penghargaan kebersihan bergengsi Adiwiyata adalah SD Tarakanita dan SMP Muhammadiyah 1.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Ir Suyana mengatakan, penilaian Adipura tersebut telah dilakukan sejak akhir 2009 hingga Mei 2010. Proses penilaian dilakukan dalam beberapa lokasi seperti pasar, terminal, lingkungan perumahan, jalan-jalan utama dan jalan-jalan sekunder di Kota Yogyakarta.

Menurut Suyana, penilaian tertinggi yang diraih Kota Yogyakarta terletak pada upaya mengurangi sampah dengan program 3R (reduce, reuse dan recycle). Sedangkan penilaian terendah terletak pada penataan pedagang kaki lima yang belum tertata rapi. Terutama kebersihan lingkungan tempat berjualan, pengolahan sampah yang dihasilkan pedagang dan keseragaman lapak.

Suyana menandaskan, dalam Adipura ini sebenarnya yang dinilai bukan kinerja Pemkot Yogyakarta, namun lebih pada kinerja masyarakat dalam menjaga kebersihan di berbagai titik strategis. Namun begitu Pemkot Yogyakarta juga dinilai unggul dalam masalah pengelolaan sampah dan melakukan penghijauan.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer