Detail Berita
KEPARAKAN DAN BACIRO KELURAHAN TERBAIK 2010
11-08-2010

Dua tahun berturut-turut Kelurahan Keparakan menjadi jawara sebagai kelurahan terbaik dalam evaluasi tahunan yang diikuti oleh 45 kelurahan se-Kota Yogyakarta. Kelurahan Keparakan berhasil meraih poin tertinggi dalam kategori kelurahan berkepadatan penduduk tinggi. Untuk itu Keparakan berhak mewakili Kota Yogyakarta dalam evaluasi serupa di tingkat Propinsi DIY. Pada urutan kedua dan ketiga pada evaluasi ini diraih oleh Kelurahan Wirogunan dan Kricak.
Sedang pada kategori kelurahan dengan kepadatan penduduk rendah dinilai terbaik adalah Kelurahan Baciro. Kelurahan Kotabaru dan Rejowinangun meraih posisi kedua dan ketiga.
Polana Setiya Hati Kasubbag Bina Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan mengatakan, evaluasi ini diselenggarakan rutin setiap tahun menilai kinerja Lurah di bidang pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan. Menurutnya ada delapan indikator sebagai dasar penilaian sesuai Permendagri Nomor 13/2007. Indikator tersebut antara lain : pendidikan, kesehatan, ekonomi, masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.
Lurah Keparakan Rajwan Taufik mengatakan, pihaknya dalam setahun terakhir ini lebih menggiatkan pengembangan kewilayahan yang disesuaikan dengan potensi kampung. ”Setiap kampung di wilayah kami memiliki potensi unik yang layak dikembangkan. Seperti Kampung Wisata Dipowinatan, Kampung Kerajinan di Keparakan Kidul, Kampung Kesenian di Pujokusuman” kata Rajwan.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer