Detail Berita
PAWAI MOBIL HIAS TK PKK MERIAH
11-08-2010

Sekitar tujuh ratus anak Taman Kanak-kanak dari 62 TK PKK se-kota Yogyakarta mengikuti pawai mobil hias dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2010 dilepas Wakil Walikota Haryadi Suyuti, belum lama ini (02/05) di Taman Air Mancur Balaikota Yogyakarta.
Meski sore itu hujan deras, tidak menyurutkan niat para guru TK PKK dan para siswanya mengadakan pawai menggunakan 98 mobil yang disulap menjadi kendaraan hias yang menarik perhatian.  Para peserta pawai mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia. Di tangan mereka tergenggam berdera merah putih berukuran mini. Yel-yel semangat keluar dari mulut mungil para siswa sambil mengangkat melambaikan tangannya.
Sebelum pawai berlangsung, para siswa dipandu oleh para pengasuh unjuk kebolehan didepan Wakil Walikota Yogyakarta yang didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Yogyakarta, Ibu Tri Kirana Muslidatun, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan para tamu undangan. Demonstrasi Drum Band dari TK Kusuma dan lantunan lagu Aku Anak Indonesia dari TK Purwokinanti membangkitkan kemeriahan peserta pawai. Beberapa lagu taman kanak-kanak dan lagu perjuangan serta pembacaan puisi  didendangkan mereka. Usai atraksi seni, para siswa TK PKK menyerahkan sumbangan buku hasil pengumpulan mereka kepada Bank Buku Jogja melalui Wakil Walikota Yogyakarta dan diteruskan ke Kepala Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta.
Ketua panitia Hardiknas dan Pawai Mobil Hias, Lusi Siwi Astuti mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah menanamkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air kepada anak didiknya. Juga memperkenalkan TK PKK kepada masyarakat luas, karena sampai saat ini masyarakat masih memandang sebelah mata dengan TK yang dibina TP PKK Kota Yogyakarta.
Dijelaskan  TK PKK binaan TP PKK Kota Yogyakarta sekarang ini sudah lebih baik dan bisa disejajarkan dengan TK pada umumnya. “Mungkin karena TK ini bermula dari kegiatan bermain anak di kampung yang ada di wilayah dan berkembang menjadi Taman Kanak-kanak, sehingga orang masih menganggap kurang mantap,” imbuhnya. Mengenai sumbangan buku cerita dan majalah anak, diharapkan para siswa dapat berbagi ilmu dan pengetahuan kepada temannya. “Kami berharap buku yang dikumpulkan anak-anak dan disumbangkan itu dapat bermanfaat bagi temannya, karena buku merupakan jendela pengetahuan,” ujar Siwi Astuti.
Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengungkapkan rasa bangganya terhadap anak-anak TK PKK binaan TP PKK Kota Yogyakarta. Wakil Walikota memberi dorongan moril kepada anak-anak dan para guru untuk tetap semangat dan memberikan yang terbaik kepada dunia pendidikan Indonesia. “Meski masih ada masyarakat yang belum tahu kiprah TK PKK, namun sore ini kalian telah menunjukkan yang terbaik dari usaha kalian selama ini. Ini sangat membanggakan. Kalian bukan lagi dianggap remeh tapi kalian patut disejajarkan dengan TK lain pada umumnya. TK PKK tak kalah dengan sekolah TK lain,” kata Haryadi.  
Haryadi juga mengajak semua pihak peduli terhadap dunia pendidikan. “Membangun karakter anak sejak dini adalah kewajiban semua pihak. Pemerintah, pengusaha, sekolah dan masyarakat berkewajiban memikirkan hal itu,” ungkapnya.
Pawai mobil hias bertemakan “Pendidikan Karakter Untuk Membangun Keberadaban Bangsa” diawali dari Taman Air Mancur Balaikota menyusuri jalan Gayam, Mataram, Malioboro, A Yani, Senopati, Sultan Agung, Kusumanegara dan berakhir di Balaikota.(@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer