Detail Berita
DI SEKITAR TMP KUSUMANEGARA : WARGA KELURAHAN TAHUNAN GELAR PASAR MINGGU
11-08-2010

Suasana sekitar Taman Makam Pahlawan Kusumanegara pada hari Minggu pagi (23/05) lain dari biasanya. Pasalnya, sejak pukul 05.00 pagi di sisi barat makam para pejuang itu, warga Kelurahan Tahunan dan sekitarnya menggelar barang-barang dagangannya. Ada makanan tradisional dan jajanan pasar seperti tahu dan tempe bacem, apem, nogosari, mata kebo, klepon, cethil, kolak, lemper, arem-arem dan aneka makanan lainnya. Di sudut lain, ada nasi dan minuman seperti nasi gudeg, nasi goreng, ayam goreng, soto, sate ayam, es jamu, es dawet, susu dan kopi panas.
Itulah Pasar Minggu Kelurahan Tahunan Kecamatan Umbulharjo yang diresmikan Walikota Jogja Herry Zudianto baru-baru ini. Bahkan bagi warga yang menginginkan produk tas, busana, souvenir dan peralatan rumah tangga lainnya bisa didapatkan di pasar ini. Menurut rencana Pasar Minggu Tahunan ini akan beroperasi setiap hari Minggu sepanjang tahun.
Pengurus Pasar Minggu Tahunan Drs A Suyudi menjelaskan, kegiatan ini bertujuan memberikan sarana rekreasi alternatif, murah dan terjangkau bagi warga masyarakat. Selain itu juga diharapkan memberdayakan potensi ekonomi yang ada di  lingkungan serta sebagai wahana olahraga bersama khususnya olahraga senam. Dtambahkan, konsep yang ditawarkan di pasar Minggu Tahunan ini adalah memadukan kegiatan ekonomi dan olahraga. "Kegiatan pasar nantinya tidak hanya kegiatan ekonomi saja tetapi juga dipadukan dengan olahraga, seni budaya" ujarnya. Suyudi berharap Pasar Minggu Tahunan yang dibuka dari pukul 05.30 s/d 12.00 ini mampu menjadi sarana menuju kerukunan dan kesejahteraan warga dan juga memberikan lapangan kerja. Pedagang yang mengisi tempat kegiatan ini berjumlah 135 pedagang terdiri dari kelompok kuliner dan non kuliner.
Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto menyambut baik dan memberikan apresiasi  atas dibukanya Pasar Minggu ini. Pak Herry berharap pasar yang memadukan kegiatan ekonomi dan olahraga ini dapat memberi manfaat perekonomian dan kesehatan bagi warga kota Yogyakarta dan khususnya warga Tahunan. "Saya senang dan menyambut baik, mudah-mudahan pasar Minggu Tahunan ini memberi kita kesehatan, baik kesehatan jasmani juga kesehatan ekonomi," ujarnya.
Peresmian Pasar Minggu Tahunan didahului dengan senam bersama dan ditandai pemukulan drumb oleh Walikota dan Komandan Kodim 0734 Kol Inf Anwar Arudji. Tampak hadir GBPH Yudhaningrat, Kepala STTP Yogyakarta, Rektor UST, Ketua TP PKK Kota Yogyakarta. Muspika Kecamatan Umbulharjo, Pengurus LPMK, BKM, PKK se- kecamatan Umbulharjo, lurah, ketua RW dan RT serta tamu undangan.(@mix)

abi is agusbudi | Tanya Komputer