Detail Berita
SAKLAR OTOMATIS KREASI WARGA JETIS
11-08-2010

Setelah berkreasi dengan alat untuk mencharge batery sederhana yang pernah dimuat di Media Info Kota beberapa waktu lalu, Basuki Setia Budi seorang warga Jetis Pasiraman kembali membuat satu alat sederhana yang tak kalah menariknya, alat ini dinamakan saklar otomatis.
Saklar otomatis ini akan bekerja dengan memutus arus listrik secara otomatis khusus pada lampu pijar atau lampu neon yang dipasang di luar rumah. Sehingga akan memberikan kemudahan, lampu akan mati sendiri pada saat siang hari dan akan menyala kembali secara otomatis jika keadaan gelap. Hal ini dikarenakan terpasangya alat sensor otomatis yang akan bekerja berdasarkan keadaan terang dan gelapnya lingkungan (siang dan malam).
Memang sudah banyak dijual alat ini ditoko-toko elektronik, namun warga bisa merakit sendiri dengan komponen-komponen elektronik. Dengan merakit sendiri akan menghemat banyak biaya, kalau membeli di toko harga yang dibandrol Rp 55.000, namun kalau merakit sendiri cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp 10.000 - 25.000 saja.
“Topik ini sengaja saya ketengahkan dalam rangka mendukung kampanye hemat energi karena banyak terlihat pada hari-hari libur masih banyak lampu penerangan yang tetap menyala di siang hari, mungkin lupa mematikan atau penghuni rumah sedang pergi keluar kota, sehingga tidak mungkin pulang untuk mematikan lampu.” kata Basuki.
Bagi warga masyarakat Kota Yogyakarta yang ingin mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai cara pembuatan atau ingin membeli saklar otomatis ini bisa menghubungi Bpk. Basuki Setia Budi, Jl. Jetis Pasiraman No 38 Yogyakarta, telpon 0274-9179314.(hg)

abi is agusbudi | Tanya Komputer