Detail Berita
Lomba Paduan Suara Harganas : Prima Vista Kusuma Mergangsan Raih Juara I
11-08-2010

Setelah melalui seleksi dihadapan dewan juri, kelompok paduan suara Prima Vista Kusuma dari Kecamatan Mergangsan berhasil menyabet Juara I lomba koor paduan suara dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang berlangsung di Rumah Dinas Walikota Yogyakarta, Rabu (19/05). Sementara Juara II diraih oleh paduan suara Umbul Suara dari Kecamatan Umbulharjo dan Juara III diraih oleh Puspita Arum dari Kecamatan Kotagede. Sedangkan untuk Juara Harapan I dan II masing-masing adalah PS Lintang Manohara dari Kecamatan Kraton, PS Gita Suara dari Kecamatan Ngampilan. Para pemenang masing-masing mendapatkan trophy serta uang pembinaan.
Wakil Walikota Haryadi Suyuti ketika membuka lomba tersebut mengatakan, Harganas mempunyai makna yang sangat berharga sebagai forum untuk merekatkan persaudaraan sesama warga Kota Yogyakarta, kaligus memotivasi mensukseskan program keluarga berkualitas.
Dalam kesempatan tersebut Haryadi mengutip kata bijak, harta yang paling berharga dimiliki seseorang dalam hidup adalah keluarga. Makna dan nilai sebuah keluarga merupakan kewajiban setiap individu untuk mengupayakan terciptanya keluarga berkualitas. ”Kita ketahui bersama keluarga bahagia dan sejahtera adalah keluarga yang kecukupan pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan yang memadai bagi seluruh anggota keluarga,” katanya.
Dalam laporanya Kepala Kantor Keluarga Berencana Kota Yogyakarta, Dra. Lucy Irawati mengatakan, kegiatan koor paduan suara digelar bertujuan menggaungkan kembali program keluarga berencana yang akhir-akhir ini mengendur. Oleh karenanya kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan kembali program Keluarga Berencana.
Ditambahkan, kegiatan ini mendapat apresiasi luar biasa dari masyarakat, terbukti beberapa kecamatan mengirimkan kelompok paduan suara lebih dari satu kelimpok. “Kami sedianya menargetkan 14 kecamatan yang mengikuti, ternyata lebih yaitu ada sejumlah 20 kelompok siap bertanding,” katanya.
Lagu wajib bagi setiap peserta adalah mars Keluarga Berencana dan KB mu KB kita, serta tiga lagu pilihan, diantaranya Cublak-cublak Suweng, Gundul-gundul Pacul dan Jangkrik Genggong.(and)

abi is agusbudi | Tanya Komputer