Detail Berita
Membangkitkan Semangat Kebangkitan Nasional
11-08-2010

Tanggal 20 Mei merupakan Hari Kebangkitan Nasional. Seabad lebih kebangkitan bangsa ini dideklarasikan, namun hingga kini kebangkitan itu belum mampu memberikan nuansa tersendiri bagi bangsa Indonsesia yang telah merdeka sejak 1945. Inti kebangkitan nasional adalah bagaimana kita sebagai warga negara ini bisa memberikan terbaik dalam mengisi kemerdekaan. Artinya bagaimana membuat masyarakat lebih maju, lebih sejahtera, lebih berdaulat dan lebih bermartabat.
Kuncinya adalah bagaimana kita berjihad melalui profesi dan pekerjaan kita masing-masing sebagai warga negara Indonesia. Yaitu berjihad dalam integritas, jihad untuk loyalitas dan jihad untuk totalitas. Jadi bagaimana kita semua dalam profesi dan pekerjaan masing-masing bisa bekerja penuh integritas, loyalitas dan totalitas.
Loyalitas dalam hal ini jelas untuk bangsa Indonesia. Bagaimana masing-masing profesi, misal pengusaha serius menjalankan pekerjaannya kemudian bisa memberikan produksi terbaik bagi setiap konsumennya. Penegak hukum bisa memberikan keadilan dan keamanan setiap warga negara. Serta aparat pemerintah bagaimana menjalankan amanah masyarakat dan menjadikan sebuah pemerintahan menjadi good governance. Itu yang seharusnya dilakukan sebagai sebuah kebangkitan masyarakat secara nasional untuk mengisi kemerdekaan ini.
Namun dewasa ini hal-hal tersebut semakin menurun termasuk juga di Yogyakarta. Bagaimana integritas semakin menurun, totalitas dalam pekerjaan juga menurun bahkan loyalitas dalam hal ini semangat nasionalisme juga menurun. Ini cukup memprihatinkan, perlu sebuah langkah terobosan membangkitkan kembali semangat masyarakat dalam mengisi kemerdekaan melalui tiga jihad tersebut.
Sebagai pelayanan masyarakat kota, saya bertekad saatnya masyarakat Yogyakarta ini bangkit kembali bersama-sama mengisi kemerdekaan ini dengan langkah-langkah terbaik. Salah satunya yang ingin saya lakukan membangkitkan kembali semangat jihad mengisi kemerdekaan adalah melalui peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya.
Peringatan Kemerdekaan 17 Agustus tersebut mulai tahun ini akan kita kemas sehingga membangkitkan kembali semangat masyarakat untuk melakukan jihad melalui profesi masing-masing. Untuk membangkitkan jihad loyalitas sendiri akan saya lakukan melalui peran pendidikan. Dimana setiap harinya sekolah-sekolah sebelum dan sesudah jam belajar wajib memutarkan lagu-lagu perjuangan dan lagu nasionalisme.
Mudah-mudahan melalui Kebangkitan Nasional 2010 ini, semangat berjihad masyarakat Yogyakarta untuk memberikan seluruh integritas, loyalitas dan totalitas melalui profesi masing-masing bisa terpupuk dengan bagus. Salam Jogja Salam Indonesia, Jaya.

abi is agusbudi | Tanya Komputer