Detail Berita
2 Oktober 2007 Batas Akhir KMS
19-10-2007

Diterbitkannya Surat Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor 272/2007 tentang Penetapan Data Keluarga Miskin Kota Yogyakarta, maka Keluarga Miskin Kota Yogyakarta yang menerima Kartu Menuju Sejahtera (KMS) beberapa waktu lalu tidak perlu mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) karena SKTM digantikan SKM (Surat Keterangan Miskin). Keputusan Walikota yang diterbitkan 2 Juli 2007 tersebut juga menyebutkan, paling lambat 3 (tiga) bulan terhitung sejak ditetapkan keputusan ini, yaitu sampai dengan 2 Oktober 2007, bagi keluarga miskin penduduk Kota Yogyakarta yang memenuhi kriteria Parameter Pendataan Keluarga Miskin tetapi belum terdata dan terdaftar dalam data keluarga miskin dan belum memiliki KMS dapat mengajukan permohonan KMS kepada Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kesejahteraan Sosial Kota Yogyakarta. Sedangkan bagi keluarga yang telah mendapatkan KMS tetapi setelah dievaluasi tidak memenuhi Parameter Pendataan Keluarga Miskin maka KMS atas nama yang bersangkutan akan dicabut.

Masyarakat yang mengajukan permohonan masuk daftar Keluarga Miskin Kota Yogyakarta untuk memperoleh KMS, akan dilakukan verifikasi oleh petugas dari Dinas Kesejahteraan Sosial. Apabila tidak memenuhi parameter, pemohon akan mendapatkan surat pemberitahuan hasil verifikasi yang menyatakan tidak memenuhi parameter sebagai keluarga miskin sehingga tidak diberikan KMS.

Sebaliknya bila pemohon memenuhi parameter yang ditentukan bisa mendapatkan SKM. SKM tersebut dapat digunakan untuk memperoleh Layanan Jaminan Pendidikan dan Layanan Jaminan Kesehatan Daerah Kota Yogyakarta. Rumah keluarga miskin yang sudah menerima KMS direncanakan akan diberi identitas berupa penempelan stiker. 

abi is agusbudi | Tanya Komputer