Detail Berita
HIBAH 1,2 MILYAR UNTUK RUKUN WARGA KOTA
11-08-2010

Pemkot Yogyakarta memberikan hibah dana stimulan Rukun Warga (RW) kepada 614 RW di Kota Yogyakarta sebesar Rp. 1.228.000.000,- (satu milyar dua ratus dua puluh delapan juta rupiah). Masing-masing RW nantinya akan menerima sebesar 2 juta rupiah. “Dana hibah ini dipandang perlu dikucurkan kepada RW untuk mengoptimalkan kapasitas kelembagaan RW melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dikoordinasikan oleh RW,” jelas Sri Adiyanti Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Dan Perempuan Kota Yogyakarta di Balaikota belum lama ini.
Dana ini dapat dimanfaatkan sesuai hasil musyawarah masyarakat setempat dengan skala prioritas kebutuhan. Bisa digunakan sebagai pemenuhan fasilitas kantor / sekretariat RW atau RT, dapat juga untuk pengadaan alat pemadam api ringan. Dibenarkan juga pemanfaatan dana ini untuk pembuatan lubang resapan biopori. Dipaparkan “Pemanfaatan dana ini bisa digunakan untuk penyediaan peralatan kantor / sekretariat RW / RT yang diprioritaskan seperti mesin ketik, sound system, meja atau kursi. Bukan untuk pembelian barang pakai habis atau alat tulis kantor. Dapat juga untuk kegiatan penghijauan lingkungan seperti pembuatan taman, tambal sulam jalan setapak / gang, pot (potisasi) pipa pralon, ataupun pembuatan pergola”, tuturnya.
Seperti halnya dana yang dikucurkan untuk LPMK beberapa waktu lalu, hibah ini juga bersifat stimulan. “Dana ini merupakan dana yang bersifat stimulan, karena itu untuk pelaksanaannya harus didampingi oleh swadaya masyarakat setidaknya sebesar 20 %,” jelas Sri. Pencairan dana dipastikan mulai minggu terakhir bulan Juni hingga akhir Juli 2010. Sedangkan pelaksanaan kegiatan di masing-masing RW dapat segera dilaksakanan kemudian.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer