Detail Berita
Mempercepat Budaya Masyarakat : Pemkot Kucurkan 250 Juta untuk Taman Bacaan Masyarakat
11-08-2010

Meningkatkan kualitas pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Pemkot Yogyakarta memberikan bantuan dana sebesar 235 juta rupiah. Bantuan ini diberikan kepada 64 TBM dengan harapan dapat mempercepat pengembangan budaya baca masyarakat. “Kehadiran TBM yang tumbuh dari oleh dan untuk masyarakat diharapkan mampu mempercepat pengembangan budaya baca masyarakat. Namun dalam pengelolaannya pembinaan, pendampingan serta dukungan dari pemerintah masih sangat diperlukan,” ujar Afia Rosdiana, Kasie Perpustakaan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta di Balaikota beberapa waktu lalu.
Menurut Afia, dana yang disediakan untuk pengembangan TBM ini sebesar 250 juta rupiah. Namun dari hasil verifikasi kelayakan proposal yang diajukan oleh TBM dana yang bisa dicairkan sebesar 237 juta rupiah. Dana yang diberikan akan dimanfaatkan untuk pendampingan, pengembangan dan TBM rintisan. “Sebanyak 15 TBM masing-masing akan menerima dana pendampingan sebesar 3 juta rupiah, dan 27 TBM masing-masing akan menerima 3 juta rupiah, serta 22 TBM akan menerima dana rintisan sebesar 4 juta rupiah. Diperkirakan akhir Juni ini pencairan dana bisa selesai semua,” jelas Afia.
Gemar membaca semestinya menjadi warna yang lekat dan selalu menghiasi aktifitas keseharian masyarakat di Kota Pendidikan ini. TBM menjadi salah satu solusi upaya mendekatkan masyarakat dengan buku sebagai sumber belajar. Dana ini dapat dimanfaatkan untuk program pendampingan, pengembangan, pengadaan sarpras dan koleksi buku, serta biaya operasional.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer