Detail Berita
KECAMATAN KOTAGEDE GELAR LOMBA MOCOPAT
11-08-2010

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 63 Pemerintah Kota Yogyakarta, Kecamatan Kotagede menggelar lomba mocopat tingkat Prop DIY bertempat di pendopo kecamatan setempat selama dua hari Sabtu-Minggu (15-16/05). Camat Kotagede Rumpis Tri Mintarta mengatakan, lomba macapat bertujuan melestarikan warisan budaya ataupun nguri-uri budaya yang ada. Terlebih wilayah Kotagede adalah merupakan kawasan situs budaya di DIY termasuk salah satu seninya adalah seni macapat.
Berhasil meraih kejuaraan untuk kelompok putra berturut-turut adalah Juara I Sularno warga Jetis Bantul, Juara II diraih oleh Sugiyono, SE dari Terong Dlingo dan Juara III diraih oleh M Bagus Febrianto dari Pleret Bantul. Sementara untuk Juara Harapan I direbut oleh M Sukiarjo dari Moyudan Sleman dan Juara Harapan II MW Purwo Wartono dari Sewon Bantul.
Untuk kelompok putri, Juara I diraih oleh Supadmi dari Sanden Bantul, Juara II Wiwik Sudiyarni dari Terong Dlingo, Juara III Sarsudini dari Kalasan Sleman. Untuk Juara Harapan I Sri Sugi Hartati dari Pakem Sleman dan Juara Harapan II diraih oleh Luvita dari Umbulharjo Yogyakarta.
Rumpis menambahkan, lomba mocopat ini diselenggarakan oleh Paguyuban Seni Macapat Mahkota Kotagede bekerja sama dengan Kecamatan Kotagede. ”Lomba ini cukup mendapat respon dari para pandemen macapat di DIY, karena jumlah pesertanya terdiri 91 orang putra dan 31 orang putri” tuturnya.(hg)

abi is agusbudi | Tanya Komputer