Detail Berita
PUSKEWAN HADIR DI PASTHY DUKUH
11-08-2010

Pasar Satwa dan Tanaman Hias (PASTHY) di Dukuh, Jalan Bantul terus berbenah. Dinas Pengelolaan Pasar Kota Yogyakarta telah menyiapkan sederet program untuk mengangkat keberadaan PASTHY sebagai pusat perdagangan satwa dan tanaman hias di Jogja. “Kami ingin terus melakukan inovasi agar PASTHY semakin ramai dikunjungi masyarakat,” kata Kadinas Pengelolaan Pasar Yogyakarta H Ahmad Fadli.
Fadli, mantan Camat Gondomanan menyatakan niatnya mewujudkan PASTHY sebagai pasar yang memberi dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Langkah pertama yang dilakukan adalah menjadikan PASTHY sebagai pasar satwa dan tanaman hias bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya. “Cita-cita itu terwujud apabila dilengkapi fasilitas penunjang,” katanya. Salah satu fasilitas yang manfaatnya dapat dirasakan para pedagang dan pecinta satwa adalah Puskewan, yakni tempat pemeriksaan kesehatan bagi hewan. Fasilitas baru ini telah beroperasi sejak 14 Mei lalu. Buka setiap hari pukul 09.00 – 12.00. Setiap pengunjung yang ingin konsultasi mengenai keadaan satwa dilayani secara gratis alias tidak dipungut biaya. Bahkan, satwa yang diperiksa dokter hewan juga tidak ditarik biaya.
Selain membuka Puskewan, Dinas Pengelolaan Pasar juga berencana menjadikan PASTHY sebagai tempat penangkaran burung. Hanya, jenis burung yang akan ditangkar sedang didiskusikan. Fadli mengatakan, PASTHY nantinya bukan sekadar tempat transaksi satwa atau tanaman hias, melainkan menjadi ajang pelestarian satwa. “Terutama spesies satwa yang terancam punah,” kata Fadli.
Rencana lain, Dinas Pengelolaan Pasar juga akan memikirkan bagaimana PASTHY ini sebagai tempat paling nyaman untuk liburan keluarga. Bahkan, Fadli berobsesi memfungsikan PASTHY sebagai tempat untuk acara ulang tahun, resepsi dan pameran. Dalam waktu dekat, PASTHY akan bekerjasama dengan Pelestari Burung Indonesia (PBI) untuk menggelar lomba burung berkicau.(az)

abi is agusbudi | Tanya Komputer