Detail Berita
INGIN TAMBAH ILMU HUBUNGI BANK BUKU JOGJA
11-08-2010

Buku merupakan sumber ilmu, tanpa buku gerakan peningkatan minat baca sulit direalisasikan. Sehingga upaya mengembangkan budaya literasi masyarakat haruslah dibarengi dengan kemudahan akses terhadap buku. Perpustakaan sebagai lembaga yang mengampu pemenuhan kebutuhan sumber belajar masyarakat, haruslah berupaya menyediakan sarana dan sumber informasi. Untuk itu bertempat di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (KAPD), Walikota Herry Zudianto melaunching program “Bank Buku Yogya” (21/4). Sebagai penanda diresmikan Bank Buku Yogya, secara simbolis Herry Zudianto bersama Muspida Kota menyerahkan sumbangan buku dan mencoba mengendarai sepeda motor sebagai fasilitas penjemputan buku bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan bukunya.
Dalam kesempatan itu Herry mengatakan, Perpustakaan Kota dapat menjadi tempat bagi masyarakat untuk menyumbangkan bukunya. Juga mengembangkan tingkat kesadaran sosial masyarakat dalam berbagi informasi serta meningkatkan akses terhadap pemenuhan kebutuhan sumber belajar. “Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk lebih memperkaya ilmu dan turut andil menyumbangkan bukunya”, kata Herry.
Kepala KAPD Kota Yogyakarta, Sri Sulastri mengungkapkan bahwa buku-buku yang dapat disumbangkan berupa buku bersifat umum serta masih layak pakai termasuk buku pelajaran. “Buku-buku sumbangan tersebut akan kami seleksi, baik isi maupun fisiknya. Kemudian kami sumbangkan dan distribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Secara berkala laporan pertanggungjawaban buku sumbangan akan kami publikasikan”, tuturnya.
Bagi masyarakat yang akan menyumbangkan bukunya dapat menyerahkan langsung pada Counter Bank Buku yang berada di Perpustakaan Kota Yogyakarta, Jalan Suroto No. 9 Yogyakarta. Dapat juga menghubungi nomor telepon/hotline (0274) 511314 dan buku akan diambil petugas pada waktu yang telah disepakati.
“Sumbangan buku dilayani setiap hari sesuai jam layanan Perpustakaan Kota Yogyakarta yaitu : Senin  -  Jum’at : pukul 08.00 – 17.00,  Sabtu : pukul 08.00 – 15.00, Minggu : pukul 09.00 – 14.00, hari besar dan hari libur nasional tutup” jelas Sulastri.(byu)
Informasi Bank Buku Yogya – Perpustakaan Kota Yogyakarta, Jalan Suroto No. 9 Yogyakarta Telp. (0274) 511314.

abi is agusbudi | Tanya Komputer