Detail Berita
Pemkot Beri Jaminan Pendidikan Untuk Keluarga Menuju Sejahtera
19-10-2007

Warga masyarakat Kota Yogyakarta  terutama yang termasuk dalam keluarga menuju sejahtera setidaknya dapat bernapas lega, karena pendidikan anak-anak mereka  dijamin  Pemerintah Kota Yogyakarta. Pemberian jaminan pendidikan tersebut telah diatur dalam Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 35 Tahun 2007 tentang Pedoman Pemberian Jaminan Pendidikan Daerah. Diterbitkannya perwal itu dimaksudkan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memperoleh pendidikan  yang bermutu dalam rangka  penuntasan Wajib Belajar Dua Belas Tahun.

Jaminan Pendidikan Daerah diberikan kepada peserta didik penduduk Kota Yogyakarta yang bersekolah di Kota Yogyakarta dan di luar Kota Yogyakarta dalam Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sasarannya adalah anggota keluarga menuju sejahtera yaitu anak kandung yang dibuktikan dengan Akta Kelahiran, anak angkat yang dibuktikan dengan Penetapan Pengadilan Negeri setempat atau Akta Pengangkatan Anak, dan anak tiri yang dibuktikan dengan Akta Kelahiran dan Akta Perkawinan / Surat Nikah orang tua. Selain itu,  Jaminan Pendidikan Daerah juga diberikan kepada peserta didik penghuni Panti Asuhan di Kota Yogyakarta yang bersekolah di Kota Yogyakarta dan di Luar Kota Yogyakarta dalam Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ada 5 (lima) jenis jaminan pendidikan yang disediakan Pemerintah Kota Yogyakarta yakni :

1). Beasiswa Reguler diberikan kepada peserta didik pada jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMA/SMK atau yang sederajat. 2). Beasiswa Registrasi diberikan kepada peserta didik baru/retrieval pada jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMA/SMK atau yang sederajat. 3). Beasiswa Heregistrasi diberikan kepada peserta didik dalam rangka daftar ulang pada tahun ajaran baru pada jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMA/SMK atau yang sederajat. 4). Bantuan biaya praktek diberikan kepada peserta didik pada jenjang pendidikan SMK. 5). Bantuan pembelian seragam sekolah (OSIS dan olah raga) yang diberikan kepada peserta didik pada jenjang pendidikan TK, SD, SMP, SMA/SMK atau yang sederajat. Untuk pelaksanaan pemberian Jaminan Pendidikan Daerah dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta melalui UPT Jaminan Pendidikan Daerah.

Persayaratan Penerima  Beasiswa Reguler adalah:

a. Peserta didik penduduk Kota Yogyakarta dari keluarga menuju sejahtera yang sedang menempuh pendidikan pada jenjang pendidikan taman kanak-kanak, dasar dan menengah di Kota Yogyakarta dan di luar Kota Yogyakarta dalam Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

b.  Peserta didik penduduk Kota Yogyakarta dari keluarga menuju sejahtera yang putus sekolah karena kesulitan ekonomi.

Persyaratan Penerima  beasiswa Registrasi adalah :

peserta didik baru / retrieval penduduk Kota Yogyakarta dari keluarga menuju sejahtera yang dinyatakan diterima di Satuan Pendidikan dan belum melaksanakan daftar ulang karena alasan ekonomi pada jenjang pendidikan taman kanak-kanak, dasar dan menengah.

Persyaratan penerima beasiswa Heregistrasi adalah peserta didik .lama penduduk Kota Yogyakarta dari keluarga menuju sejahtera di Satuan Pendidikan yang belum melaksanakan daftar ulang karena alasan ekonomi pada jenjang pendidikan taman kanak-kanak, dasar dan menengah.

Persyaratan penerima Jaminan pendidikan daerah adalah peserta didik penduduk Kota Yogyakarta dari keluarga menuju sejahtera diprioritaskan bagi yang tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain.

abi is agusbudi | Tanya Komputer