Detail Berita
DOKTER AFGANISTAN TERTARIK PELAJARI RPG
11-08-2010

Sebanyak 15 orang dokter dari Kementrian Kesehatan Masyarakat (Ministry of Public Health / MoPH) Afganistan mengunjungi Rumah Pemulihan Gizi (RPG). Mereka diterima langsung oleh Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Dyah Suminar, Kepala Dinas Kesehatan Dr. Choirul Anwar, serta Pengurus RPG Dr. Endy Paryanto, Jumat (9/04).
RPG menjadi tempat tujuan yang menarik bagi para dokter Afganistan untuk belajar dari dekat tentang penanganan masalah gizi di Indonesia. Konsep penanganan masalah gizi seperti RPG hingga saat ini belum ada di Afganistan. Karenanya mereka terlihat antusias menanyakan berbagai hal secara detail kepada pengurus RPG.
Kedatangan 15 orang dokter Afganistan ke Indonesia khususnya Kota Yogyakarta atas rekomendasi UNESCO guna mempelajari Community Based Health Care in Indonesia. Juga karena keberhasilan Indonesia di sektor pelayanan kesehatan ibu dan anak melalui Posyandu. Community Based Health Care merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran UGM.
Sebagaimana rilis yang disampaikan Kementrian Kesehatan RI, pihaknya melihat program ini sebagai kegiatan yang patut didukung. Hal ini juga merupakan sebuah bentuk apresiasi dunia internasional terhadap capaian program yang diraih Indonesia dan juga merupakan promosi yang baik bagi kerjasama teknik selatan-selatan.
Selain RPG beberapa tempat lain juga turut dikunjungi rombongan ini, adalah Posyandu di Kelurahan Keparakan dan Posyandu di Kelurahan Wirogunan.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer