Detail Berita
MALIOBORO MENYAPA
11-08-2010

Untuk menjadikan kawasan Malioboro yang aman dan nyaman, jajaran Poltabes Yogyakarta bersama Kodim 0734 Yka, UPT Malioboro dan LPKKM adakan "Malioboro Menyapa" belum lama ini (01/04). Kegiatan ini sebagai komitmen kebersamaan para stakeholder dan komunitas malioboro mengajak siapapun menjaga malioboro yang aman dan tertib, bersih lingkungan, jualan ora nuthuk, pakir yang rapi termasuk tarif parkir, arus lalu lintas lancar, tertib satu jalur kearah selatan dan ikon pariwisata.
Diawali dengan barisan komunitas Malioboro yang dipimpin langsung oleh Muspida Kota Jogja, mereka berjalan kaki dari utara ke selatan menyusuri sepanjang kawasan Malioboro. Mengambil start UPT Malioboro hingga menuju di kawasan nol kilometer. Selama perjalanan komunitas Malioboro terus menyuarakan ajakan untuk berdisiplin dan tertib, juga membagikan leaflet berisi ajakan menjadikan kawasan malioboro yang aman dan nyaman kepada siapa saja yang mengunjungi malioboro.
Dalam sambutannya Wakil Walikota Haryadi Suyuti mengajak para pedagang memelihara keamanan dan ketertiban di kawasan Malioboro. Karena pemkot, yang telah membentuk UPT Malioboro, tidak akan mampu bekerja membangun Malioboro sendiri tanpa peran aktif masyarakat. “Ketertiban, keamanan dan kenyamanan Malioboro harus diwujudkan warga Malioboro dengan rasa memiliki Malioboro. Hal ini tentu saja memberi dampak positif bagi marga Malioboro hingga masyarakat pada umumnya” terang Haryadi.
Malioboro Menyapa merupakan tindakan promosi bagi warga sekitar kawasan Malioboro untuk membangun citra Malioboro sebagai tempat wisata yang aman dan nyaman. Caranya adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat jualan, menjaga ketertiban harga menu makanan, menjaga kerapian dan ketertiban parkir kendaraan bermotor, menjaga kelancaran arus lalu lintas memperhatikan larangan berhenti bagi seluruh kendaraan bermotor dan mendukung penertiban satu jalur bagi pengemudi becak dan andong.
Acara diakhiri dengan pengucapan ikrar oleh perwakilan berbagai komunitas Malioboro untuk menyatukan tekad mengusahakan Malioboro yang lebih aman dan nyaman sebagai ikon wisata.(byu)

abi is agusbudi | Tanya Komputer