Detail Berita
MINUMAN KERAS DAN UANG PALSU DIMUSNAHKAN
11-08-2010

Badan Narkotika Kota (BNK) Kota Yogyakarta melakukan pemusnahan barang bukti Narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang). Selain barang bukti narkoba, juga dimusnahkan sejumlah uang palsu serta minuman keras. Pemusnahan berlangsung di UPT PKB (Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor) Jl. Lingkar Selatan, sebelah timur Terminal Giwangan, Senin (29/03). Tampak hadir Walikota Yogyakarta Herry Zudianto beserta Muspida, Ketua BNK Haryadi Suyuti, Balai POM, unsur Bank Indonesia dan tokoh masyarakat.
Pemusnahan barang bukti kali ini terdiri 2.695 botol miras, 10 liter dan 82 bungkus plastik lapen, 580,2121 gram ganja, 3,404 gram putaw, 2,019 gram heroin, 5,6041 gram psikotropika (sabu-sabu), 309 butir pil ektasi, lexotan, trihexyphenidyl, camlet. Uang palsu sebesar Rp. 218.130.000,- (dua ratus delapan belas juta seratus tiga puluh ribu rupiah), terdiri pecahan seratusan ribu, limapuluhan ribu, serta duapuluhan ribu, baik yang telah dipotong maupun yang masih dalam bentuk lembaran. Selain barang bukti narkotika dari beberapa kasus, dimusnahkan pula ganja dari sisa sampel pengujian pada Balai POM sebanyak 154,0377 gram. Pemusnahan barang bukti miras dengan cara digilas menggunakan Stoomwalls, dan barang bukti berupa uang palsu, ganja, serta psikotropika dibakar.
Dalam sambutanya Ketua BNK Kota Yogyakarta Haryadi Sututi mengatakan, pemusnahan ini merupakan bentuk media penyuaraan bersama masyarakat Kota Yogyakarta, untuk selalu tanggap dan siap mengantisipasi peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba serta minuman keras. “Upaya-upaya penanggulangan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah Kota Yogyakarta yang dilakukan BNK telah sesuai UU Nomor 35/2009 yang menempatkan daerah lebih berperan aktif dalam penanggulangan masalah narkoba” jelas Haryadi.
Ditambahkan, khusus pemusnahan barang bukti narkoba dan miras adalah yang telah mendapat ketetapan hukum. Sementara output dari pemusnahan adalah penyuaraan komitmen stake holder secara terus menerus untuk memberikan kepercayaan masyarakat pada upaya penanganan masalah narkoba dan miras.(and)

abi is agusbudi | Tanya Komputer