Detail Berita
Boyongan Pasar Ngasem ke PASTY
11-08-2010

pasty
 
Boyongan Pasar Ngasem ke Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTY) Dongkelan Jl. Bantul Km 1 berlangsung Kamis (22/4). Prosesi kepindahan berjalan damai berbudaya menarik perhatian banyak orang yang melihatnya. Karena dilakukan dengan kirab budaya para pejabat dan pedagang berbaur menyatu dalam balutan busana tradisional Jawa. Kirab budaya dari Pasar Ngasem menuju PASTY Dongkelan menempuh jarak kurang lebih 1.5 km dipimpin langsung oleh cucuk lampah Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Drs. Ahmad Fadli dengan menunggang kuda.
Lokasi PASTY sangat strategis karena dilewati akses angkutan Jogja – Bantul dan bus Trans Jogja. Kepindahan di pasar baru itu menempati area seluas 15.605 m2, luas bangunan 5.500 m2, jumlah kios 16 unit dan los 37 unit, yang dilengkapi dengan komposter untuk pengolahan sampah secara mandiri serta area taman yang menyejukan.
Walikota Herry Zudianto berjanji akan terus mempromosikan PASTY karena sebagai ikon baru Kota Yogyakarta dan kedepan akan lebih baik, bersih dan nyaman. ”Menciptakan pasar bersih dan nyaman menjadi komitmen bersama, saya optimis pasar ini akan berkembang jauh lebih baik dari sebelumnya. Pasare resik, atine becik, rejekine apik”, tutur Pak Herry.

abi is agusbudi | Tanya Komputer