Detail Berita
BERI SANTUNAN KEBAKARAN : PEMKOT SEDIAKAN 60 JUTA
28-06-2010

Pemkot Yogyakarta memberikan santunan bagi rumah tinggal yang terkena musibah kebakaran. Rumah yang memperoleh bantuan ini hanyalah rumah permanen yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga serta harus memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Sementara rumah semi permanen dan tidak permanen yang memperoleh bantuan tidak terletak pada tanah persil negara atau tanah persil yang dilarang mendirikan bangunan. Sedangkan rumah sebagai tempat usaha, rumah yang diasuransikan dan rumah yang terbakar akibat huru-hara atau force mayor tidak dapat menerima bantuan ini.
Tri Hastono, Kabid Bantuan Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Dinsosnakertrans mengatakan, warga kota yang terkena musibah kebakaran akan diberikan bantuan sosial dengan nominal besaran bantuan sesuai klasifikasi. “Bentuk bantuan akan diberikan untuk 3 jenis klasifikasi rumah yaitu rumah permanen, semi permanen dan tidak permanen.” Besaran bantuan akan ditentukan berdasarkan taksasi oleh tim. ”Tim taksasi terdiri dari Bagian Hukum, Dinsosnakertrans, Dinas Bangunan Gedung dan aset Daerah, Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan, dan Bagian Dalbang akan melakukan taksasi segera setelah pasca kebakaran dan akan ditentukan masuk ke ring berapa,” jelasnya.
Pada tahun 2010 disediakan anggaran sebesar 60 juta rupiah. Bagi rumah permanen yang mengalami musibah kebakaran dimungkinkan mendapat bantuan setinggi-tingginya sebesar Rp 8.250.000,- sedang bagi rumah semi permanen Rp.6.000.000,- serta rumah tidak permanen sebesar Rp 4.500.000,-.
Untuk memproleh bantuan tersebut, pengurus RT/RW setempat melaporkan kejadian kepada Kantor Penanggulangan Kebakaran Bencana dan Perlindungan Masyarakat atau melalui kelurahan setempat. Petugas Dinkesosnakertrans akan proaktif melihat kondisi yang ada, kemudian dilanjutkan dengan proses taksasi oleh tim,” papar Tri Hastono. Selain bantuan musibah kebakaran, pemkot juga memberi tambahan bantuan berupa permakanan dan pakaian. “Besaran bantuan ini disesuaikan jumlah anggota keluarga selama 25 hari. Jenis bantuan berupa pakaian baru, beras, lauk pauk, serta perlengkapan masak,” tandasnya.(ism)

abi is agusbudi | Tanya Komputer