Detail Berita
SEGO SEGAWE NIGHT RIDE ON JOGJA BIKE LANE
28-06-2010

Tak kurang seribu pesepeda dari berbagai komunitas mengikuti acara sego segawe night ride on Jogja bike lane. Mereka menggunaka jalur sepeda pada malam hari berkeliling kota menempuh jarak 10 km. Acara yang berlangsung Minggu (28/2) sebagai rangkaian peringatan Serangan Oemoem 1 Maret.
Night ride on Joga bike lane sebagai wujud implementasi gerakan Sego Segawe - Sepeda Kanggo Sekolah Lan Nyambut Gawe - yang digagas oleh Walikota Herry Zudianto. Gerakan sego segawe adalah semangat menggunakan sepeda sebagai pilihan moda transportasi jarak dekat sekaligus upaya promotif untuk hidup sehat, ramah lingkungan, hemat energi dan mengurangi pemanasan global serta mempererat tali silaturahmi sesama pesepeda.
Walikota Herry Zudianto, Kapoltabes, Adam Sheila On 7, pejabat dan staf pemkot serta komunitas pesepeda berangkat dari Balaikota menuju tempat start di Gardu Anim Kotabaru. Kemudian bersama rombongan pesepeda – sepeda gunung, onthel, sepeda lipat, low ride hingga sepeda tinggi - menyusuri jalur sepeda mengelilingi kota. Melewati Tugu ke barat Tegalrejo, simpang empat Wirobrajan, titik nol km dan berakhir di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara.
Bertempat di pelataran TMP Kusumanegara dilakukan renungan, pembacaan puisi bertema kepahlawanan oleh Herry Zudianto. Juga pemotongan tumpeng oleh salah satu veteran yang diserahkan kepada Walikota Yogyakarta dan perwakilan pemuda sebagai simbol amanat melanjutkan semangat perjuangan para pahlawan. Kegiatan ini diakhiri dengan upacara dan tabur bunga.(byu)

abi is agusbudi | Tanya Komputer