Detail Berita
INISIATIF CEGAH LONGSOR : WALIKOTA BERI PENGHARGAAN BABINSA
28-06-2010

Walikota Yogyakarta Herry Zudianto memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada personil Babinsa Koramil 01 Jetis, Sersan Mayor Purwanto atas inisiatifnya menggerakkan masyarakat mengantisipasi bencana longsor yang akan menimpa rumah penduduk di kampung Cokrodiningratan, Jetis. Pemberian penghargaan berlangsung di Makodim 0734/Yka, Kamis (25/2).
Selain piagam penghargaan, Pak Herry juga memberikan sejumlah uang dalam bentuk tabungan pendidikan. “Ini sebagai bentuk apresiasi saya kepada Serma Purwanto dapat menggerakkan masyarakat tanpa harus menunggu perintah atasan. Inisatip inipun dilakukan dengan tulus hati. Yaitu bersama masyarakat mengantisipasi bencana tanah longsor. Beliau bisa menjadi pemimpin dalam situasi krisis, ini luar biasa, jarang di jaman sekarang ada yang seperti ini” tuturnya. Walikota tergerak dan terharu setelah membaca berita di salah satu harian yang mengisahkan inisiatif Serma Purwanto menggerakkan masyarakat untuk mencegah longsor di kampung Cokrodiningratan.
“Saya terharu membaca berita itu dan saya menyakini, bahwa upaya personil TNI Serma Purwanto ini dilakukan tanpa pamrih dan tanpa takut salah” tambahnya. Dalam berita tersebut dituliskan, kepedulian dan ketulusan Serma Purwanto selaku Babinsa dengan pengabdiannya mampu membangkitkan semangat masyarakat Cokrodiningratan. Sehingga secara sadar bergotong royong membongkar rumah ibu Sriyani yang menjadi korban tanah longsor.
Pada kesempatan lain, ketika Walikota Herry Zudianto bersama Dandim 0734 Yka, Letkol Inf Arudji Anwar, meninjau pembangunan talud yang melibatkan semua elemen seperti Dinas Kimpraswil, Babinsa dan masyarakat setempat di RT 56 RW11 kampung Gondolayu, Cokrodiningratan (10/3) mengatakan, pada musim penghujan seperti saat ini masyarakat diminta waspada terjadinya bencana. Untuk langkah antisipasi perlu diefektifkan program tanggap darurat.(hg)

abi is agusbudi | Tanya Komputer