Detail Berita
Keputusan Walikota Tentang Kuota Peserta Didik Beri Peluang Besar Pendidikan Anak Kota
19-10-2007

Berkaitan pengembangan bidang pendidikan, Pemerintah Kota Yogyakarta belum lama ini menerbitkan 5 (lima) paket kebijakan yaitu 3 Peraturan Walikota dan 2 Keputusan Walikota. Perwal 30/2007 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru telah dimuat dalam Media Info Kota edisi 3, sedang untuk Peraturan Walikota dan Keputusan Walikota yang lain disajikan dalam Media Info Kota edisi 4.

Pemerintah Kota Yogyakarta menetapkan kuota penerimaan peserta didik baru  masuk SMP dan SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Hal ini dilakukan untuk mendukung pelaksanaan wajib belajar dua belas tahun dan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada penduduk Kota Yogyakarta. Penetapan kuota ini diatur dalam Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor: 236/KEP/2007 tentang Kuota Peserta Didik Baru Masuk SMP dan SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Keputusan Walikota ini menetapkan untuk tahun ajaran 2007/2008 peserta didik baru penduduk Kota Yogyakarta yang berasal dari sekolah dalam dan luar Kota Yogyakarta serta penduduk luar Kota Yogyakarta yang berasal dari sekolah dalam Kota Yogyakarta mendapat kuota 80% (delapan puluh persen). Sedangkan peserta didik baru penduduk luar Kota Yogyakarta asal sekolah dari luar Kota Yogyakarta mendapat kuota 20% (dua puluh persen).

Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto mengatakan "kuota ini diterapkan untuk pemerataan karena menurut pengalaman yang lalu banyak anak kota yang tidak berkesempatan sekolah di kota, bahkan ada sekolah di kota yang hanya berisi 30% anak kota. Dengan adanya sistem kuota ini saya harap peluang anak kota akan lebih besar untuk bisa sekolah di kota".

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Darno, MA mengatakan, penerapan sistem kuota sebenarnya sudah dilakukan sebelumnya, untuk tahun ini dilakukan penyempurnaan dengan diterbitkannya Keputusan Walikota.  Dalam keputusan Walikota ini diatur juga mengenai kuota untuk tahun ajaran 2008/2009 yang memberikan kuota 70% (tujuhpuluh persen) bagi peserta didik baru penduduk Kota Yogyakarta, dan 25% (duapuluh lima persen) bagi peserta didik baru penduduk luar Kota Yogyakarta dalam propinsi DIY dan 5% (lima persen) bagi peserta didik baru penduduk luar Propinsi DIY.

abi is agusbudi | Tanya Komputer