Detail Berita
BPN KOTA YOGYAKARTA TEMPATI KANTOR BARU
28-06-2010

Badan Pertanahan Nasional Kota Yogyakarta memiliki gedung baru. Sebelumnya kantor lama berada di Komlek Balaikota Timoho, kini kantor BPN Kota Yogyakarta berada di Jalan Kusuma Negara No. 161 Yogyakarta. Gedung yang sebelumnya untuk Sekolah Akademi Agraria ini, diresmikan Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Drs. Rapingun (29/01).
Rapingun mengatakan, dengan menempati gedung baru hendaknya dapat meningkatkan pelayan kepada masyarakat dibidang pertanahan. Apabila hari-hari yang lalu masyarakat berebut batas tanah, dengan pelayanan yang lebih prima, hal tersebut tidak perlu terjadi. “Di masyarakat rebutan kikis (batas tanah) masih sering terjadi, gara-gara pathok antar tetangga kurang kondusif. Sekarang BPN memiliki LARASITA (Layanan Rakyat untuk Sertifikasi Tanah) yang memberikan informasi bagaimana mengurus sertifikasi tanah dan layanan tersebut dapat dirasakan warga, hal ini harus diwujudkan BPN ke depan lebih bagus,” paparnya.
Ditambahkan, untuk melayani masyarakat lebih optimal, kini BPN telah dimiliki tiga unsure yaitu Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana termasuk gedung yang dimiliki, dan unsur biayanya. Hal ini merupakan modal untuk memajukan Kota Yogyakarta dibidang pertanahan.
Sementara itu Kepala BPN Kota Yogyakarta Triyono, SH mengatakan, dengan tempat yang baru ini, kami dapat melayani masyarakat lebih leluasa, lebih baik dari sebelumnya, dan akan kami curahkan perhatian demi pelayanan, terlebih telah didukung dengan teknologi seperti larasita, pendataan tanah di Kota Yogyakarta akan lebih sistimatik.
Peresmian kantor baru BPN ditandai penandatanganan prasasti, dilanjutkan dengan penanaman pohon dilingkungan gedung baru. Tampak hadir Kepala SKPD jajaran pemkot, Ketua DPRD Kota Yogyakarta Henri Kuntjoroyekti, serta Gusti Hadiwinoto dari pihak kraton.(and)

abi is agusbudi | Tanya Komputer